Kompas.com - 13/05/2013, 10:44 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAna Shofiana Syatiri

DEPOK, KOMPAS.com — Sebelum dibeli Ahmad Fathanah, rumah yang terletak di Kompleks Pesona Khayangan, Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat, ternyata sempat tidak laku dijual karena terlampau mahal. Menurut Tuyup, salah seorang warga yang tinggal di kompleks tersebut, selama empat tahun rumah tersebut kosong, sebelumnya akhirnya dibeli oleh Fathanah.

"Dibangun lima tahun yang lalu oleh developer. Pas udah jadi, lama kosong karena enggak ada yang beli karena mahal. Pasaran awalnya empat tahun lalu udah mulai Rp 3,5 miliar sampai akhirnya laku Rp 6 miliar kan," kata Tuyup saat dijumpai pada Senin (13/5/2013).

Mahalnya rumah milik Fathanah itu, menurut Tuyup, karena rumah tersebut merupakan rumah dengan tipe paling tinggi dibanding rumah lainnya di blok perumahan itu. Pengembang sengaja membangun rumah tersebut lebih besar dibanding rumah di sekitarnya karena lahan yang tersedia cukup luas.

"Di sekitar sini punya warga yang rata-rata (luas tanah) 220 dan 162. Rumah ini (milik Fathanah) yang 545 makanya paling mahal. Dulu cuma tanah kosong, tapi karena di pojok makanya tanahnya luas," ujar Tuyup yang telah 12 tahun tinggal di rumah itu. Saat ini, di depan rumah bercat coklat itu kini terdapat tanda penyegelan dari KPK.

Rumah Fathanah terletak di Kompleks Pesona Khayangan yang merupakan salah satu perumahan elite di Depok. Meskipun terletak di kompleks perumahan elite, rumah Fathanah di Blok BS merupakan blok untuk perumahan tipe menengah, yang berada jauh ke dalam. Hal itu menyebabkan rumah Fathanah terlihat paling mencolok dibanding rumah warga di sekitarnya.

KPK sejauh ini telah menyita tiga aset Fathanah di Depok. Selain rumah itu, KPK juga menyita salah satu apartemen milik Fathanah di Apartemen Margonda dan satu rumah yang terletak di Kompleks Pesona Depok di Jalan Raya Citayam yang ditempati oleh mertuanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.