Kompas.com - 14/05/2013, 05:47 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

SIMALUNGUN, KOMPAS.com — Pengadilan Negeri Simalungun menjatuhkan hukuman penjara 5 tahun untuk Maripul Sitorus (38), Senin (13/5/2013). Warga Simpang Pardomuan Nauli, Kecamatan Pematang Bandar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, ini mendapatkan hukuman tersebut setelah tertangkap tangan membawa 12,36 gram ganja.

Didakwa sebagai bandar, Maripul juga dijatuhi hukuman kewajiban membayar denda Rp 1 miliar subsider 1 bulan kurungan. Majelis hakim PN Simalungun yang terdiri atas Ramses Pasaribu, Silvianingsih dan Herianti, menjatuhkan vonis dengan menyatakan Maripul terbukti melanggar Pasal 114 Ayat (1) UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Vonis yang dijatuhkan majelis hakim tak jauh berbeda dengan tuntutan yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri Simalungun, Amardip Barus. JPU menuntut Maripul dihukum penjara 5 tahun ditambah denda Rp 800 juta subsider kurungan 3 bulan, berdasarkan surat tuntutan bernomor Reg/N.2.24/Siant/N.2.24/Ep.3/04/2013.

Terdakwa dinyatakan terbukti memiliki narkotika golongan I berjenis ganja sebanyak 12,36 gram yang akan diperjualbelikan. Seusai mendengarkan putusan dari majelis hakim, terdakwa yang didampingi pengacaranya Kencana Tarigan menerima putusan dan siap menjalani hukuman. Demikian juga JPU.

Sebelumnya, terdakwa ditangkap oleh personel Kepolisian Resor Simalungun, Kamis (17/1/2013) lalu di Simpang Pondok, Kecamatan Pematang Bandar, Kabupaten Simalungun. Penangkapan terdakwa dilakukan setelah kepolisian mendapatkan informasi dari masyarakat.

Dalam penangkapan, personel kepolisian mengamankan barang bukti ganja kering seberat 12,36 gram dan kertas tiktak (kertas penggulung ganja) sebanyak enam lembar. Menurut pengakuan terdakwa sesuai Berkas Acara Pemeriksaan (BAP) di kepolisian, barang tersebut rencananya akan dijual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.