Kompas.com - 16/05/2013, 14:34 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo merasa lega karena sedikit demi sedikit dokumen proyek pembangunan monorel rampung. Pemprov DKI memberikan waktu selama satu pekan kepada PT Jakarta Monorail (JM) untuk melengkapi kekurangan dokumen sehingga ia mengharapkan pembangunan bisa dilanjutkan bulan Mei ini.

"Saya lega karena satu per satu dokumen selesai. Kalau sudah selesai, dokumen langsung ditandatangani dan langsung cor," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Kamis (16/5/2013).

Kekurangan dokumen yang dimaksud Jokowi adalah financial closing. Hal tersebut terkait dengan data-data konsorsium baru yang bergabung dengan PT JM untuk pembangunan monorel. Adapun untuk dokumen pembayaran tiang-tiang pancang monorel kepada PT Adhi Karya telah selesai dan diserahkan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk ditindaklanjuti.

Business Development Director PT Ortus Holding Banyu Biru Djarot mengatakan, pertemuan dengan jajaran lengkap direksi perusahaan mendapatkan hasil sebuah kemajuan konkret bahwa secara finansial proyek monorel itu siap dijalankan. Di samping itu, ia juga berjanji akan segera melengkapi dokumen hingga batas akhir yang ditetapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

"Nah, langkah selanjutnya adalah penentuan parameter bersama, yang menjadi indeks grup secara menyeluruh sehingga terefleksi dalam progres perkembangan konsorsium monorel," ujar Banyu.

Pembangunan monorel di Jakarta sempat terbengkalai selama kurang lebih enam tahun. Hal tersebut dikarenakan PT Adhi Karya tidak lagi melanjutkan kerja sama dengan PT JM sebagai konsorsium.

Setelah melalui perdebatan panjang, akhirnya PT JM membayar tiang-tiang monorel yang telah dibangun oleh PT Adhi Karya dengan angka Rp 190 miliar untuk 90 tiang. Jumlah dana itu mencakup pembayaran untuk desain dan fondasi dalam tanah yang belum berbentuk tiang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.