Kompas.com - 23/05/2013, 11:14 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Mulai Juni 2013 mendatang, KRL di Jabodetabek akan memberlakukan tarif progresif untuk perjalanan penumpang. Tarif ini diberlakukan sesuai jarak tempuh penumpang kereta api.

"Ini murni berdasarkan jarak. Jadi, penumpang bisa adil. Pendek murah, jauh harga tetap," kata Ignatius Tri Handoyo, Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek, di gedung JRC, Kamis (23/5/2013).

Dia menambahkan, penentuan besaran tarif pada perjalanan KRL dilakukan berdasarkan jumlah stasiun yang akan dituju oleh pengguna jasa KRL commuter line. Mekanisme pembayarannya pun seharga Rp 3.000 untuk lima stasiun pertama dan Rp 1.000 untuk setiap tiga stasiun berikutnya.

Pemberlakuan mekanisme pembayaran seperti ini untuk mendukung penerapan e-ticketing pada KRL Jabodetabek. Pada penerapan tarif progresif ini, sebagian besar harga tiket perjalanan KRL commuter line akan mengalami penurunan harga.

Untuk jarak terjauh, tetap diterapkan tarif sesuai dengan penetapan pada tanggal 1 Oktober sebesar Rp 9.000. Adanya penarifan baru seperti ini, kata Ignatius, diharapkan dapat mewujudkan sistem penarifan yang lebih baik dan adil untuk seluruh pengguna jasa KRL.

Selain itu, untuk mangakomodasi peningkatan penumpang, PT KCJ memiliki program pengadaan 160 unit kereta per tahun. Sejak 2008-2012, sudah ada unit kereta sebanyak 308 unit.

Ignatius menjelaskan, tahun 2013 ini, rencananya PT KCJ akan mendatangkan 180 unit KRL sehingga jumlahnya akan bertambah menjadi 598 perjalanan dalam sehari, dari sebelumnya 514 perjalanan per hari. Untuk menyukseskan sistem baru ini, PT KCJ dan PT KAI mengharapkan dukungan masyarakat supaya sistem e-ticketing bisa berjalan lancar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.