Kompas.com - 23/05/2013, 18:29 WIB
Penulis Neli Triana
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

JAKARTA, KOMPAS.com— Bulan Juni menjadi bulan yang amat berarti bagi Kota Jakarta. Setiap tanggal 22 Juni, kota ini merayakan ulang tahunnya.

Kini, di tahun 2013, Jakarta bakal genap berusia 486 tahun. Di usianya yang hampir lima abad, Jakarta berbenah, tetapi berupaya tak melupakan akarnya, yaitu akar budaya Betawi.

Per 1 Juni nanti, semua pengelola mal di Jakarta, khususnya yang tergabung dalam Asosisasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia sepakat mempercantik interior gedungnya dengan ragam hiasan Betawi.

Petugas customer service pun akan memakai baju adat Betawi setiap hari.

"Mal di Jakarta tak kalah dengan mal di luar negeri dan di sini jumlahnya banyak sekali. Ini tentu potensi besar yang harus dimanfaatkan," kata Kepala Biro Perekonomian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Adi Ariantara, Kamis sore ini di Senayan City, Jakarta Pusat.

Selain menawarkan barang-barang bermerek, tak salah jika mal juga sekaligus memamerkan identitas lokal yang sarat makna.

Saat ini, budaya lokal mulai menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Lihat saja ragam makanan khas yang menjadi bagian dari budaya lokal kembali diminati.

Soto Betawi, asinan, sampai gabus pucung bisa dijumpa dan dinikmati di outlet di mal yang turut menghadirkan arsitektur khas Betawi sebagai bagian dari cara pengelolanya memanjakan konsumen.

Dalam rangkaian Festival Jakarta Great Sale 2013, memang tak salah jika slogan Jakarta Baru, Jakarta Kita, turut menggenjot memperkenalkan budaya Betawi kepada semua wisatawan nusantara maupun asing. (NELI TRIANA)

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X