Kompas.com - 27/05/2013, 20:08 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat yang disertai hembusan angin kencang masih berpotensi terjadi hingga satu minggu kedepan. Hujan diperkirakan akan turun pada sore dan malam hari.

Kondisi hujan lebat yang disertai angin kencang yang terjadi pada beberapa hari belakangan ini disebabkan oleh masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, atau yang dikenal dengan musim pancaroba. "Potensinya masih akan tetap berpeluang hujan sedang hingga lebat disertai. Angin kencang, namun intensitasnya cenderung menurun. Karena Jakarta masih dalam masa peralihan musim," kata Kepala Bidang Informasi BMKG, Achmad Zakir saat dihubungi, Senin (27/5/2013).

Untuk hujan lebat dan angin kencang, ada beberapa wilayah yang paling berpotensi di berbagai wilayah di Jakarta, yaitu di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Utara.

"Biasanya kalau hujan saat masa peralihan seperti ini masih akan disertai hembusan angin, namun untuk seminggu kedepan, kecepatan angin diperkirakan sekitar 10 knot saja," kata Zakir.

Untuk itu, Zakir menghimbau kepada masyarakat agar tetap selalu waspada. Bagi pengendara kendaraan roda dua, Zakir menyarankan agar selalu membawa jas hujan, karena hujan dapat dengan tiba-tiba turun kapan saja.

"Melihat kondisi cuaca saat ini, dimana angin yang tiba-tiba berhembus kencang, hendaknya masyarakat selalu waspada. Bagi yang di rumah agar mematikan peralatan elektroniknya saat hujan besar. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.