Kompas.com - 03/06/2013, 16:36 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Keinginan warga Pondok Indah agar jalur bus khusus transjakarta (busway) dipindah dari Jalan Metro Pondok Indah ke Pondok Pinang ditolak pengguna transjakarta. Sebab, yang butuh transportasi umum tersebut adalah mereka, bukan warga Pondok Indah.

Silla (20), pengunjung Mal Pondok Indah, mengatakan bahwa warga Pondok Indah boleh saja menyatakan tidak membutuhkan kehadiran transjakarta. Namun, warga asal kawasan lain yang hendak ke Pondok Indah sangat terbantu dengan kehadiran layanan bus transjakarta itu.

”Kan orang dari tempat lain banyak juga yang mau ke sini, kayak ke mal. Sulit kalau enggak ada (transjakarta). Kalau pakai taksi, kan mahal,” ujar warga Sawangan ini saat ditemui Kompas.com, Senin (3/6/2013).

Hal senada dikatakan Irwanto (32), petugas keamanan di Mal Pondok Indah. Dia mengaku mendapatkan manfaat dari kehadiran bus transjakarta Koridor VIII. Bukan hanya dia, banyak pegawai mal mewah itu menggunakan bus transjakarta.

”Saya, kalau enggak bawa motor, pakai busway (transjakarta). Lebih enaklah, membantu, daripada naik Kopaja 86. Tapi, biasa, memang nunggu-nya agak lama sih,” ujar Irwanto yang mengaku tinggal di Grogol.

Sebelumnya, pada Minggu (2/6/2013), sejumlah warga Pondok Indah yang tergabung dalam Panca RW melakukan musyawarah di Taman Puspita, Pondok Indah, Jakarta Selatan. Mereka meminta agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memindahkan jalur bus transjakarta dari Jalan Metro Pondok Indah.

Menurut mereka, keberadaan bus transjakarta di Jalan Metro Pondok Indah kurang begitu diminati masyarakat. Hal tersebut dapat terlihat dari jarangnya orang yang menumpang bus itu dan halte-halte bus transjakarta pun sering kali terlihat sepi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, kata warga, keberadaan jalur bus khusus yang ada sejak tahun 2009 itu justru membuat Jalan Metro Pondok Indah semakin bertambah macet. Untuk itu, warga Pondok Indah menginginkan agar jalur Koridor VIII dipindahkan saja melalui kawasan Pondok Pinang.

 

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.