Kompas.com - 04/06/2013, 17:55 WIB
|
EditorTjatur Wiharyo

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembelian saham operator air bersih oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dimungkinkan karena sudah diatur dalam perjanjian kerja sama antara pemerintah dan operator PT Palyja dan PT Aetra. Pembelian saham ini bisa dilakukan setelah sepuluh tahun kerja sama berjalan.

"Ketika menginjak sepuluh tahun perjanjian kerja sama, saya sudah mendorong agar pemerintah membeli saham operator. Pertimbangannya, agar pengelolaan air bersih di Jakarta menjadi lebih baik. Namun, pemerintah ketika itu belum berani mengambil keputusan. Baru sekarang rencana itu resmi disampaikan ke publik," kata ahli hidrologi dari Universitas Indonesia, Firdaus Ali, Selasa (4/6) kepada Kompas.

Menurut Firdaus, pembelian saham mayoritas lebih baik dilakukan karena pengelolaan air bersih di Jakarta belum baik. Selanjutnya Pemprov DKI Jakarta bisa melakukan langkah-langkah serius memperbaiki tata kelola air. Sejauh ini Jakarta rentan mengalami krisis air bersih sepanjang tahun karena pasokan air masih sangat tergantung dari luar daerah.

Hari ini, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyampaikan rencana membeli saham PT Palyja secara terbuka di depan delegasi Kementerian Perdagangan Perancis. Menteri Perdagangan Luar Negeri Perancis Nicole Bricq tidak menyangka Pemprov DKI Jakarta menyampaikan rencana tersebut.

PT Palyja sendiri dalam beberapa bulan terakhir berencana menjual sahamnya ke sebuah perusahaan Filipina.

Sementara itu, Jokowi sendiri yakin rencana membeli saham PT Palyja bisa dilakukan. Menurut Jokowi, tidak ada hal serius yang bisa menghalangi rencana pembelian saham itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.