Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Lelang Penyelenggara Pesta Rakyat Jakarta

Kompas.com - 07/06/2013, 22:43 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan akan menyelenggarakan pesta rakyat Jakarta dalam rangka HUT Jakarta. Pemprov DKI Jakarta pun akan membuka lelang untuk mencari penyelenggara gelaran tersebut.

" Ya harus lelang karena pakai APBD. Kalau kita kan semuanya mau transparan dan terbuka," ujar Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, atau Jokowi, saat mengunjungi acara Pameran Flora dan Fauna di pelataran Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada Jumat (7/6/2013) siang.

Penyelenggara acara itu, tegas Jokowi, harus berorientasi pada pelestarian kebudayaan Betawi, bukan hanya keuntungan semata. Mantan Wali Kota Surakarta itu mengungkapkan, pihak penyelenggara yang nantinya memenangi lelang harus memiliki konsep acara yang merakyat. Hal tersebut bisa dilihat dari konten acara, lokasi acara, dan akses acara yang tidak menghilangkan roh ulang tahun DKI.

"Rakyat pun harus bisa mengakses ke sana. Ikut gembira di dalam pesta rakyat. Jangan dibebani tiket Rp 30 ribu, parkir Rp 50 ribu," lanjutnya.

Terkait kerja sama dengan Jakarta Internasional Expo, Jokowi mengaku Pemprov DKI belum bisa memutuskan apakah akan mencabut sahamnya atau tidak. Menurut Jokowi, pameran industri dengan pameran acara kerakyatan sangat bisa diselenggarakan secara terpisah. "Kita belum sampai ke sana. Kita ingin membuat konsep PRJ yang baru, yang merupakan pesta rakyat. Dari rakyat, yang gembira rakyat," ujar pria lulusan Universitas Gajah Mada tersebut.

Rencananya, pesta rakyat tersebut digelar pada HUT DKI pada tahun 2014 mendatang. Pesta rakyat tersebut direncanakan menggunakan pelataran Monas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com