Setelah Mal, Jokowi Sasar Pasar Tradisional Pakai Kantong Daur Ulang

Kompas.com - 12/06/2013, 18:23 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berharap agar penggunaan kantong daur ulang tidak hanya diberlakukan di pusat perbelanjaan. Imbauan untuk menggunakan kantong yang ramah lingkungan juga akan dilakukan untuk para pedagang di pasar tradisional.

"Nanti di tempat lain setelah yang ini (pusat perbelanjaan) direspons positif oleh pengelola," ujar Jokowi seusai rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (12/6/2013) sore.

Jokowi berharap imbauan penggunaan kantong berbahan ramah lingkungan itu tidak hanya berlaku di pusat perbelanjaan dan pasar tradisional, tetapi juga di semua tempat yang memungkinkan penggunaan kantong tersebut. Meski demikian, Jokowi enggan menjawab apa alasan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan uji coba kebijakan tersebut di pusat perbelanjaan sebab penggunaan plastik lebih banyak dilakukan di pasar-pasar tradisional Jakarta.

Pada 3 Juni 2013, Jokowi telah memberikan surat edaran Nomor 6 Tahun 2013 tentang pelarangan penggunaan plastik dan imbauan menggunakan kantong daur ulang kepada pengelola pusat perbelanjaan di Jakarta. Surat edaran itu terkait uji coba penggunaan kantong daur ulang selama sebulan.

Meski kebijakan itu ditanggapi positif, pengelola pusat perbelanjaan menyarankan agar kebijakan yang sama juga diterapkan di pasar tradisional. Mereka menganggap pasar tradisional adalah penyumbang sampah plastik yang cukup besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.