Kompas.com - 15/06/2013, 12:06 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Joko Widodo menceritakan pengalaman berkunjung ke Negeri Jiran, Malaysia. Pria yang akrab disapa Jokowi itu mengaku, rombongannya mendapat sambutan yang meriah oleh warga di Malaysia. Tidak hanya warga biasa, bahkan salah satu pejabat tinggi di sana juga mengaku kagum.

"Sampai Menteri Kominfo sana ngomong, wah ini kalau Jokowi kayak begini promosinya, orang Malaysia bisa ke Jakarta semua. Ini bukan saya yang ngomong loh," ujar Jokowi saat ditemui di kediaman Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Sabtu (15/6/2013).

Mantan Wali Kota Surakarta itu mengungkapkan, di Malaysia, rombongannya tidak hanya fokus di atraksi kebudayaan, tetapi juga langsung menarik wisatawan Malaysia untuk mengunjungi Jakarta. Salah satunya ialah menggedor agen perjalanan Malaysia untuk memperkenalkan wisata Jakarta.

Namun, Jokowi membeberkan, pihaknya tidak mempromosikan tempat-tempat wisata yang telah populer di Jakarta, semisal Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan destinasi wisata lainnya. Jokowi hanya mempromosikan tempat tertentu sesuai dengan karakter wisatawan asal Malaysia.

"Orang Malaysia senangnya shopping. Mereka itu banyak yang belum kenal Thamrin, Kemang, Citos. Tempat seperti itu nggak ada mereka. Kalau Ancol, TMII, mereka ngertilah," ujarnya.

Menjelang malam, lanjut Jokowi, rombongannya menggelar pameran-pameran budaya Betawi dan ditutup oleh penampilan penyanyi terkenal, Rossa, dan grup band Ungu. Jokowi mengatakan, suasana acara tersebut sangat riuh hingga tidak ada tempat duduk kosong dalam acara tersebut.

Jokowi berharap promosi tersebut efektif untuk menarik minat wisatawan Malaysia. Dari sisi pemerintahannya, ia pun mengakui masih banyak infrastruktur yang butuh perbaikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Harus ada banyak perubahan. Salah satunya perubahan pelayanan karena keluhan mereka banyak. Itu yang kami perbaiki," lanjut Jokowi. Sebelumnya, Jokowi menghadiri pertunjukan Enjoy Jakarta di area Taman Tasik Madu, Kuala Lumpur, Jumat (14/6/2013) malam. Ia menjadi magnet dalam acara tersebut. Di tengah-tengah pertunjukan, Jokowi turun dari panggung VIP dan bergabung dengan penonton di tribun biasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.