Jembatan "Indiana Jones" Belum Dibangun, Baru Dipasangi Jaring - Kompas.com

Jembatan "Indiana Jones" Belum Dibangun, Baru Dipasangi Jaring

Kompas.com - 13/03/2018, 19:19 WIB
Jembatan gantung Indiana Jones di RT 011 RW 002 Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, dipasangi spanduk larangan untuk dilintasi. Jembatan ini tidak akan dibangun dengan jembatan baru yang permanen. Foto diambil Selasa (13/3/2018).KOMPAS.com/NURSITA SARI Jembatan gantung Indiana Jones di RT 011 RW 002 Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, dipasangi spanduk larangan untuk dilintasi. Jembatan ini tidak akan dibangun dengan jembatan baru yang permanen. Foto diambil Selasa (13/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan gantung di RT 012 RW 002 Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, belum direnovasi hingga Selasa (13/3/2018).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Selasa, jembatan gantung yang reyot itu baru dipasangi jaring di kedua sisinya.

Seorang warga, Nunung, menyebut pemasangan jaring itu membuat warga merasa lebih aman melintasi jembatan yang dijuluki jembatan "Indiana Jones" tersebut.

"Sudah enggak ngeri, soalnya pakai ranjau, jaring-jaring, tadinya enggak ada. Ini dipasang sama PT Wiratman-nya," kata Nunung saat berbincang dengan Kompas.com.

PT Wiratman merupakan perusahaan yang mendanai dan bertanggung jawab membangun jembatan gantung tersebut.

Baca juga : Jembatan Indiana Jones Jagakarsa Belum Bisa Dibangun

Meski belum dibangun, tanda-tanda awal pembangunan jembatan baru itu sudah tampak.

Boplang atau papan-papan kayu yang menjadi pembatas fondasi bangunan sudah dipasang di sekitar area jembatan. Pohon bambu yang ada di sekitar di jembatan juga sudah ditebang.

Tampak spanduk berisi pemberitahuan soal pembangunan jembatan tersebut di salah satu sisi jembatan. Ada pula spanduk peringatan agar warga berhati-hati melintasi spanduk tersebut.

Lurah Srengseng Sawah Tubagus Masruri memastikan, jembatan untuk pejalan kaki itu segera dibangun.

"Boplang-boplang udah dipasang, siap dibangun. Pasti berjalan, progresnya jelas ada. Walaupun perlahan-lahan, ada progres, kemajuannya ada," ujar Masruri saat dihubungi Kompas.com.

Menurut Masruri, PT Wiratman membutuhkan waktu lebih kurang 4 bulan untuk membangun jembatan tersebut.

Baca juga : Aliran Ciliwung Deras, Warga Dilarang Lintasi Jembatan Indiana Jones

Jembatan gantung ini menghubungkan RT 012 RW 002 Srengseng Sawah dengan Cimanggis, Depok.

Kedua wilayah itu dibelah Sungai Ciliwung. Tanpa jembatan ini, warga harus berputar melewati Jalan Akses UI dan Jalan Lenteng Agung.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pernah meninjau kondisi jembatan tersebut pada Januari lalu dan menyebutnya sebagai jembatan "Indiana Jones". Saat itu, Anies memastikan jembatan permanen di sana akan segera dibangun.


Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X