Pasar Tanah Abang Dibuka Lagi Usai Kerusuhan 22 Mei, Pembeli Sepi

Kompas.com - 24/05/2019, 15:33 WIB
Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat dibuka kembali, Jumat (24/5/2019), setelah sempat ditutup menyusul kerusuhan yang terjadi kawasan sekitarnya pada Selasa dan Rabu lalu.  KOMPAS.com/ JIMMY RAMADHAN AZHARI Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat dibuka kembali, Jumat (24/5/2019), setelah sempat ditutup menyusul kerusuhan yang terjadi kawasan sekitarnya pada Selasa dan Rabu lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com —  Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat dibuka kembali Jumat (24/5/2019) ini setelah sempat ditutup menyusul peristiwa kerusuhan di kawasan sekitarnya pada Selasa dan Rabu lalu. Namun, pengunjung masih sepi.

Pada sekitar pukul 13.30 WIB, kondisi jalan di kawasan pasar itu memang terlihat ramai, tetapi masih lancar dan mudah dilalui. Saat memasuki lokasi parkir, tak begitu banyak kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Trotoar memang sudah dipadati para pedagang kaki lima yang berjualan berbagai jenis barang. Namun, pengunjung tidak sebanyak biasanya.

Saat memasuki kawasan Blok B, lorong di dalam pasar tampak agak longgar. Kondisinya berbeda ketika Kompas.com mendatangi tempat itu hari Minggu lalu. Lorong di pasar itu sangat padat. Pengunjung bahkan kesulitan untuk melintas.

Baca juga: Pasar Tanah Abang Masih Tutup, Begini Kondisinya...

Beberapa toko di Blok A tampak masih tutup.

Gunawan (43), pedagang pakaian yang sudah membuka toko dari pukul 07.00 WIB, merasakan penurunan drastis jumlah pengunjung Tanah Abang pada hari ini.

"Wah sepi banget, jauh kalau dibanding hari-hari sebelumnya," kata dia.

Hal serupa diungkapkan Sawir (40). Sawir mengaku baru menjual sehelai baju meski telah berjam-jam membuka toko.

Ia mengatakan, jika dibandingkan tahun sebelumnya, hari 19 Ramadhan seharusnya menjadi puncak ramainya pengunjung di Pasar Tanah Abang.

"Kalau tahun kemarin sudah ramai tanggal segini, sudah puncaknya malah, apalagi sebagian orang THR-nya sudah turun," ujar Sawir.

Baca juga: Pedagang Belum Berani Jualan, Pasar Tanah Abang Ditutup Situasional hingga 25 Mei

Ia menduga warga masih enggan mendatangi pasar karena takut kembali terjadi kerusuhan.

"Harapannya ini, keaman stabil, dingin suasana, biar masyarakat bisa belanja untuk kebutuhan Lebaran," kata dia.




Close Ads X