Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Runway" Kok Dijadikan Jalan Pintas...

Kompas.com - 19/04/2010, 13:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pagar pembatas lapangan udara (Lanud) Budiarto di kawasan Sekolah Tinggi Ilmu Penerbangan (STPI) Curug, Tangerang, sering dijebol oleh masyarakat sekitar yang ingin melewati jalan pintas dengan melintas di runway pesawat. Padahal, melewati runway adalah perbuatan sangat berbahaya bagi diri sendiri dan pengguna pesawat latih yang beroperasi di sekolah penerbangan tersebut.

"Pagar yang dipasang selalu dijebol masyarakat, karena mereka ingin menempuh jalan pintas yang lebih dekat," kata juru bicara Kemenhub, Bambang Supriyadi Ervan, di Jakarta, Senin (19/4/2010).

Akibat dijadikannya runway sebagai jalan pintas, sebuah pesawat latih menabrak motor yang dikendarai dua orang. Keduanya meninggal seketika, sedangkan seorang kadet STPI dan seorang instrukturnya mengalami koma, Senin pagi.

Bambang meminta kepada masyarakat untuk mengerti tentang pentingnya wilayah steril di sepanjang Lanud Budiarto di kawasan STPI Curug dan tidak sembarangan melintas di lanud tersebut.

Sementara Juru Bicara Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) JA Barata mengatakan, pihaknya telah mengirim investigatornya, yaitu Kapten Toos Sanitiyoso, ke lokasi kejadian.

"Kategori masuk dalam kecelakaan. Pesawat rusak dan tidak bisa diperbaiki atau total lost," kata Barata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com