Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saya Senang dengan Indonesia Hijau..

Kompas.com - 05/08/2010, 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Hijau mengandung arti ramah dengan lingkungan. Indonesia Hijau akan membuat Indonesia menjadi lebih baik. Demikian diungkapkan I Gusti Muhammad Hatta, Menteri Negara Lingkungan Hidup Indonesia, dalam Konferensi dan Pameran Indonesia Hijau, Penganugerahan Indonesia Green Awards 2010, Kamis (5/8/2010) di Gedung Smesco UKM, Jakarta.

"Saya senang mendengar kata Indonesia Hijau, karena ada sifat yang ramah dengan lingkungan. Membuat Indonesia jadi lebih baik," ucapnya. Menurut Gusti, Indonesia Hijau sesuai dengan pasal yang terdapat dalam UUD 1945, yang menyatakan bahwa masyarakat Indonesia berhak mendapatkan lingkungan yang bersih dan sehat.

"Oleh karena itu, logo dari Indonesia Green ini adalah sepeda. Karena hanya butuh air atau minuman lainnya untuk mengayuh sepeda," tutur La Tofi, Pemimpin Redaksi BISNIS&CSR. Ditambahkan La Tofi, perwujudan Indonesia Hijau ini sudah dilakukan oleh komunitas bike to work yang anggotanya telah mencapai sekitar 60.000 orang.

Adapun mengenai Indonesia Green Awards (IGA) La Tofi menganggap penghargaan ini menjadi salah satu pemicu untuk menyelamatkan Indonesia. Di tangan pemimpin daerah, komitmen menghijaukan lingkungan dapat diimplementasikan.

"Banyak tantangan yang dihadapi lembaga swadaya masyarakat maupun kepala daerah dalam mengupayakan penghijauan Indonesia," kata La Tofi. Penilaian dewan juri IGA meliputi Penghargaan Green CSR, Mining, Manufacture, Agribisnis, Real Estate, Banking, Hotel, Media, Province, Green City, Green City Support, dan NGO (LSM).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com