Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Menuju "From Waste to Energy"

Kompas.com - 08/07/2011, 08:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkait dengan pengolahan limbah dan sampah di Jakarta, nantinya akan dirancang tempat pengolahan sampah yang berbasis teknologi. Sehingga tujuan mengubah sampah menjadi sesuatu yang berguna dapat segera terwujud di Jakarta.

"Kami sedang menuju ke arah itu. Kami inginnya from waste to energy, dan itu sudah mulai berjalan," kata Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo seusai Rapat Paripurna di DPRD DKI, Kamis (7/7/2011).

Selain itu, dia juga mengungkapkan ingin segera menjadikan tiga tempat di Jakarta yaitu Sunter, Marunda, dan Cilincing sebagai Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST).

"Dengan begitu akan ada pilihan lain selain Bantar Gebang untuk membuang sampah," tutur Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo.

Setelah berjumpa dengan Wali Kota Osaka, Kunio Hiramatsu semalam di Balai Kota Jakarta, Foke mengatakan bahwa di Jepang sampah-sampah tersebut dibakar dan dialihkan mejadi energi baru. Jakarta akan menuju ke sistem pengolahan sampah berbasis teknologi modern juga.

"Kami akan mulai dengan membuat tempat insenerasi sampah. Khususnya di tiga tempat yang telah disepakati," tutur Foke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com