Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tebang Satu Pohon, Cekik Dua Warga

Kompas.com - 27/07/2011, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Semakin berkurangnya ruang terbuka hijau di jakarta kian meresahkan warga ibu kota. Seiring laju pembangunan, makin banyak pohon ditebang.

Dalam konferensi pers yang digelar Koalisi Pulihkan Jakarta, Rabu (27/7.2011), disebutkan satu pohon menghasilkan 1,2 kilogram oksigen per hari. Sementara setiap orang memerlukan 0,5 kg oksigen per hari.

"Artinya, jika satu pohon ditebang, suplai oksigen untuk dua orang hilang. Itu seperti mencekik mereka," kata Silvia Vivi dari Koalisi Pulihkan Jakarta.

Tak hanya mengurangi suplai oksigen, penebangan pohon yang makin banyak akan memicu munculnya penyakit, seperti ispa, karena tidak ada penyerap polusi lalu lintas.

Dicontohkan pembangunan jalan layang di Antasari yang telah menebang ratusan pohon. Warga menggugat pemerintah agar pembangunan tidak menghilangkan pohon dan ruang terbuka hijau yang sudah sedikit jumlahnya.

Koalisi Pulihkan Jakarta mendesak Pemprov DKI Jakarta untuk segera menghentikan aktivitas penghilangan pepohonan di berbagau penjuru kota Jakarta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com