Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heboh, Acara Amal Berujung Kontroversi

Kompas.com - 20/11/2011, 17:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Acara amal di sebuah stasiun televisi swasta yang sedianya ditujukan untuk membantu penderita gagal ginjal berbuntut kontroversi. Sumbangan dalam acara amal itu tidak diberikan kepada penderita gagal ginjal tersebut.

Masalah ini mencuat dan menjadi pembicaraan hangat di situs microblog Twitter setelah Valencia Mieke Randa menuliskan kekesalannya tentang penyelenggaraan "Charity Fashion Show" itu. Dalam artikel yang ditulisnya pada Minggu (20/11/2011), Mieke mengaku diundang oleh artis dan model Fifi Buntaran ke acara tersebut untuk sebuah acara amal di Hotel Sheraton, Jakarta, Kamis (17/11/2011).

"Say? Besok bisa ke Sheraton? Bawa artikel Nando? Kalo bisa udah dicetak di kertas folio? Karena besok aku adakan fashionshow + lelang kebaya/dress+charity show: nanti uangnya diserahkan ke Justsilly langsung (diliput tvOne)," tulis Fifi melalui Blackberry Messenger (BBM) kepada Mieke, Rabu (16/11/2011). Justsilly merupakan nickname Mieke di dunia maya.

Kepada Kompas.com, Minggu sore, Mieke mengaku tidak tahu siapa penyelenggara acara tersebut. Namun, pendiri yayasan Blood for Life Indonesia itu menyanggupi untuk hadir meski mendapat undangan mendadak.

Keesokan harinya, Mieke mengunjungi Nando, bocah penderita gagal ginjal dan infeksi usus yang tengah dirawat di Rumah Sakit Ciptomangunkusumo, Jakarta. Setelah itu, ia menuju ke Hotel Sheraton dan tiba di sana kira-kira pukul 17.00.

Setibanya di sana, ia langsung disambut oleh Fifi dan diperkenalkan kepada pengunjung acara amal tersebut. Setelah itu, Mieke diminta untuk menjelaskan penyakit yang diderita Nando. Ia juga mengikuti proses lelang baju, yang salah satunya dikenakan penyanyi Kristina. Baju Kristina, kata Mieke, laku terjual hingga Rp 100 juta.

"Dengan baju ini laku, mudah-mudahan adik Nando bisa segera diobati," kata Mieke menirukan perkataan pembawa acara amal tersebut.

Setelah acara itu selesai, semua orang di ruangan tersebut bubar. Mieke merasa bingung karena tidak ada tanda-tanda transaksi lelang. Ia pun menanyakan prosedur pemberian bantuan yang hendak diberikan kepadanya untuk Nando.

Namun, betapa kagetnya Mieke ketika ia mengetahui bahwa tak sepeser pun dari uang hasil lelang di acara itu diberikan untuk Nando melalui dirinya. Mieke juga tidak mengetahui apakah ada transaksi atas pembelian baju-baju yang dilelang pada acara tersebut.

"Jadi gini, acara charity yang tadi itu acara setting-an, buat acaranya tvOne, nanti yang buat Nando, Mbak bikin BroadCast Message saja, nanti kubantu cariin donatur, seperti waktu bayi NF dulu," ujar Mieke mengutip perkataan Fifi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com