Menanti Pengamanan Canggih di Kawasan Monas - Kompas.com

Menanti Pengamanan Canggih di Kawasan Monas

Aldo Fenalosa
Kompas.com - 02/09/2015, 09:09 WIB
Aldo Fenalosa Jelang unjuk rasa Selasa (1/9/2015) pagi ini, sejumlah aparat keamanan mulai berkumpul di silang Monas, Jakarta.
JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola kawasan Monumen Nasional (Monas) menyebut akan ada sejumlah fasilitas untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di sana. Akan ada fasilitas closed circuit television (CCTV) dan sistem tiket elektronik.

"Memang ada program pemasangan banyak CCTV dari Pemprov DKI Jakarta. Namun, berapa (unit) pastinya yang akan dipasang, di sisi mana saja, saya belum tahu pasti," kata Endrati Fariani, Kepala Seksi Pelayanan Kantor Pengelola Kawasan Monumen Nasional pada Kompas.com, Selasa (1/9/2015).

Untuk pemasangan CCTV, Menurut Endrati, sejatinya dilakukan pada tahun 2015 ini. Tapi dari amatan Kompas.com, hingga awal September belum ada tanda-tanda pemasangan CCTV akan dilakukan.

"Setahu saya tahun ini. Sepertinya izinnya sudah ada yang keluar. Unitnya juga sudah tersedia. Namun (jadwal) pemasangannya belum," ujar dia.

Sementara itu, rencana penerapan tiket berbasis elektronik bertujuan agar pengunjung yang masuk lebih tertib dan terpantau. Terlebih bila pengamanan di kawasan Monas nanti sudah tidak dilengkapi oleh penjagaan aparat gabungan seperti pihak kepolisian dan TNI.

"Rencananya gerbang kawasan akan dikenai tiket masuk dengan sistem tapping. Juga dengan mengurangi kerumunan massa karena kerumunan massa sangat menarik bagi PKL. Semua event dipindahkan ke luar pagar, sehingga keheningan lambang kebesaran bangsa tetap terjaga," ujarnya.

PenulisAldo Fenalosa
EditorAna Shofiana Syatiri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM