1 April, Bogor Terapkan Uji Coba Sistem Satu Arah - Kompas.com

1 April, Bogor Terapkan Uji Coba Sistem Satu Arah

Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah
Kompas.com - 25/03/2016, 13:38 WIB
KOMPAS.com / RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Peta sistem satu arah (SSA) yang akan diterapkan Pemerintah Kota Bogor pada tanggal 1 April 2016 mendatang.

BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bogor akan memberlakukan Sistem Satu Arah (SSA) di kawasan seputaran Kebun Raya Bogor per tanggal 1 April 2016 mendatang.

Kebijakan itu diambil sebagai salah satu langkah Pemkot Bogor untuk mengurangi kemacetan dan pembenahan sistem transportasi di Kota Hujan itu.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, penerapan SSA di kawasan seputaran Kebun Raya Bogor sudah melalui kajian panjang selama 2015.

Bima berkeyakinan program tersebut mampu membawa dampak positif dalam penyelesaian masalah kemacetan di kota hujan.

"Selama empat hari ke depan terhitung tanggal 1 April 2016, Pemkot Bogor akan melakukan uji coba SSA," ucap Bima, dalam acara sosialisasi sistem satu arah di Taman Ekspresi, Kota Bogor, Jumat (25/3/2016).

"Sosialisasi sudah kami gencarkan jauh-jauh hari agar masyarakat paham soal kebijakan ini," kata dia. 

Bima menambahkan, dalam uji coba SSA itu, Pemkot Bogor akan melakukan evaluasi setiap harinya. Soal persiapan sarana dan prasarana, ia mengklaim, sudah mencapai 90 persen.

Untuk memuluskan rencana tersebut, pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait dalam mensterilkan beberapa kawasan dari pedagang kaki lima (PKL).

Sebab, kawasan seperti Jalan Dewi Sartika dan Stasiun Bogor akan menjadi jalur alternatif bagi kendaraan pada saat diberlakukannya sistem satu arah.

"Jalur-jalur alternatif harus bener-bener steril dari PKL. Jika tidak, berpotensi terjadinya penumpukan kendaraan," kata dia.

"Ini perlu dukungan dari masyarakat. Kami berusaha maksimal agar semuanya berjalan sesuai rencana," tuturnya.

PenulisKontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah
EditorBayu Galih
Komentar

Close Ads X