"Mangga Satu Banyak yang Petikin, Gubernur Kayak Pak Anies yang Aye Harapin..." - Kompas.com

"Mangga Satu Banyak yang Petikin, Gubernur Kayak Pak Anies yang Aye Harapin..."

Sherly Puspita
Kompas.com - 13/08/2017, 09:14 WIB
Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan saat menghadiri   acara apel akbar sekaligus pelantikan pengurus Ormas yang menamakan diri Kebangkitan Jawara dan Pengacara atau disingkat Bang Japar se-DKI, Minggu (13/8/2017).              Kompas.com/Sherly Puspita Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan saat menghadiri acara apel akbar sekaligus pelantikan pengurus Ormas yang menamakan diri Kebangkitan Jawara dan Pengacara atau disingkat Bang Japar se-DKI, Minggu (13/8/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunyi petasan, lantunan musik marawis hingga kesenian palang pintu sambut kedatangan Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan, dalam acara apel akbar sekaligus pelantikan pengurus ormas yang menamakan diri Kebangkitan Jawara dan Pengacara ( Bang Japar) se-DKI, Minggu (13/8/2017).

"Mangga bukan sembarang mangga, mangga satu banyak yang petikin, aye bangga bukan sembarang bangga, gubernur kayak Pak Anies begini yang aye harap-harapin," ujar seorang seniman palang pintu, Fairus.

Pantun ini pun tak pelak mengundang sorak sorai para Bang Japar yang hadir dalam acara yang digelar di Universitas Trilogi, Pancoran, Jakarta Selatan ini.

Sebanyak 800 anggota Bang Japar hadir dalam acara pengukuhan anggota ormas yang dibentuk semasa Pilkada DKI putaran kedua ini.

"Dulu kan putaran pertama saya lihat banyak keganjilan, jadi saya pikir perlu dikawal prosesnya. Oleh siapa? Sama jawara saja biar orang enggak berani macam-macam," ujar Ketua Umum Bang Japar, Fahira Idris, saat dihubungi beberapa waktu yang lalu.

(Baca juga: Apa Itu Bang Japar, Ormas yang Lahir di Masa Pilkada?)

Fahira melanjutkan, pada saat itu kehadiran jawara untuk memantau kelancaran Pilkada DKI putaran kedua saja dinilai tidak cukup.

"Perlu ada yang mengimbangi dari sisi legal atau hukum, jika di lapangan para jawara menemukan dugaan kecurangan dalam proses pemungutan suara," ucapnya.

Fahira mengklaim, terdapat sekitar 5.000 orang anggota Bang Japar saat Pilkada lalu, baik mereka yang asli warga DKI Jakarta atau dari kawasan di sekitar Jakarta, salah satunya Bekasi.

Setelah Pilkada usai, Fahira berpikir Bang Japar sebaiknya tak dibubarkan, akhirnya kelompok tersebut diubah sebuah ormas.

"Tugas mereka nanti sudah bukan Pilkada lagi, karena sudah menang Anies-Sandinya. Bang Japar akan mengawal pemerintahan Anies-Sandi dan mendidik para jawara, memberi pelatihan advokasi, serta melestarikan budaya Betawi melalui berbagai kegiatan," tutur Fahira.

 

Kompas TV Anggota DPD RI dari Jakarta, Fahira Idris memberikan dukungan kepada pasangan calon gubernur DKI nomor urut tiga Anies - Sandi. Fahira Idris pun memperkenalkan kelompok relawan yang akan ditugaskan mengamankan TPS-TPS di hari pencoblosan. Relawan yang ia beri nama Bang Japar diklaim telah dibentuk sebelum pilkada 2017. Anies Baswedan mengapresiasi Bang Japar dan diharapkan dapat mengantisipasi dinamika di lapangan.

PenulisSherly Puspita
EditorCaroline Damanik
Komentar