Mencari Maksud Anies Soal "Pengakuan" Alexis... - Kompas.com

Mencari Maksud Anies Soal "Pengakuan" Alexis...

Kompas.com - 14/02/2018, 09:01 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (6/2/2018). KOMPAS.com/JESSI CARINA Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (6/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyebut manajemen Alexis mengaku bersalah, mengagetkan sejumlah pihak.

Manajemen Alexis membantah telah membuat pengakuan bersalah dalam hal apapun, termasuk terkait adanya asusila di tempat karaoke mereka.

Ketika ditanya, Anies tidak menjelaskan lebih detail mengenai pernyataannya itu. Dia hanya mengatakan akan menunjukan berita acara pemeriksaan (BAP) hasil pemeriksaan Alexis.

Awalnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Tinia Budiati juga enggan menjelaskan maksud Anies. Namun akhirnya Tinia menjelaskan maksud pernyataan Anies soal pengakuan Alexis itu.

Adapun, kejadian ini bermula dari investigasi salah satu media massa. Sebuah video ditayangkan untuk membuktikan masih ada prostitusi di dalam tempat usaha Alexis yang tersisa. Dalam video tersebut, terdapat perempuan yang melepas pakaian di ruangan yang disebut tempat karaoke Alexis.

Baca juga : Pernyataannya Dibantah Alexis, Anies Bilang Akan Tunjukkan Buktinya

Jawaban Tinia, hal yang diakui Alexis adalah ciri-ciri ruangan yang ada di video itu. Manajer karaoke Alexis mengaku ruangan yang ada di video mirip dengan ruangan di tempat karaokenya.

"Manajernya memang mengatakan begini, bahwa dia mengakui ciri-ciri yang di video itu. Ciri-cirinya adalah seperti di ruangan dia. Dia mengaku ciri-ciri ruangan di video itu adalah seperti (ruangan) yang di tempat karaoke dia," ujar Tinia ketika dihubungi, Selasa (13/2/2018).

Hotel Alexis.KOMPAS.com/Sherly Puspita Hotel Alexis.

Belum cukup membuktikan

Namun, hal itu belum cukup membuktikan bahwa ada kegiatan asusila di tempat karaoke Alexis. Ruangan yang mirip belum tentu menandakan kejadian di video itu benar-benar terjadi di tempat karaoke Alexis.

Tinia mengatakan video yang disebarkan media massa itu tidak menunjukan waktu pengambilan. Hal ini menyulitkan proses pembuktian.

"Mereka enggak bisa yakin kalau itu kejadian di tempat mereka, karena tidak ada tanggalnya. Kita tidak bisa membuktikan," ujar Tinia.

Baca juga : Dinas Pariwisata: Alexis Akui Ciri-ciri Ruangan di Video Mirip Tempat Karaokenya

Andai ada keterangan waktu dalam video itu, Dinas Pariwisata bisa meminta bukti kepada manajemen Alexis untuk menunjukan rekaman CCTV pada waktu yang sama. Tinia mengatakan keterangan dalam hasil investigasinya juga tidak lengkap. Misalkan seperti nomor ruangan dan status sosok wanita yang ada di video itu.

"Kalau memang ternyata perempuannya adalah perempuan pendamping musik, itu sebutkan yang nomor berapa waktu itu dia, ruangan berapa. Kan bisa ketahuan tanggal segitu, jam segitu, ruangan ini, siapa wanitanya," kata Tinia.

Tinia mengatakan hal ini tidak bisa lagi dibuktikan oleh Dinas Pariwisata. Polisi yang bisa menelusuri kebenaran isi video tersebut.

"Karena kita ini kan perlu ada peralatan, ada ahli IT gitu untuk melihat bahwa ini bukan film rekayasa dan sebagainya," ujar Tinia.

Baca juga : Manajemen Alexis Merasa Tak Pernah Di-BAP atau Mengaku Ada Prostitusi di 4Play

Bantah mengaku bersalah

SebelumnyaAnies juga membuat pernyataan bahwa manajemen Alexis telah mengaku bersalah. Pernyataan ini dilontarkan dalam konteks pertanyaan mengenai dugaan kegiatan asusila di tempat karaoke Alexis.

Anies juga mengatakan ada berita acara pemeriksaan (BAP) atas pengakuan Alexis itu.

"Jadi sudah ditindaklanjuti, diperiksa, dari hasil pemeriksaan itu ada BAP-nya. Mereka mengaku salah," ujar Anies.

Baca juga : Ini yang Buat Dinas Pariwisata Sulit Buktikan Ada Asusila di Tempat Karaoke Alexis

Namun, manajemen Alexis langsung membantah itu. Mereka menyatakan tidak pernah ada pembuatan BAP ataupun pengakuan bersalah.

Legal Consultant Hotel Alexis Lina Novita membantah video adegan tidak senonoh yang beredar dilakukan di Hotel Alexis. Alexis akan menindak tegas karyawan yang sengaja melakukan praktik prostitusi di tempat usaha mereka.

"Bahwa kami tidak pernah membuat pengakuan bersalah terkait adanya praktik prostitusi di tempat kami," ujar Lina dalam keterangan resmi.


Komentar

Close Ads X