Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fauzi Bowo Jajal Bus Gandeng

Kompas.com - 08/06/2008, 13:11 WIB

JAKARTA, MINGGU - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menjajal bus TransJakarta gandeng pertama yang beroperasi pada peresmiannya di Halte Ancol, Jakarta. Bus dengan jalur Kampung Melayu yang ditumpanginya itu tampak masih kinclong. Kursi plastik berwarna abu-abu dan biru masih bersih. Tak ada bercak atau kotoran yang melekat pada handle kuningnya.

Puluhan pejabat pemda DKI Jakarta pun tak ketinggalan ikut mencoba bus gandeng ini. Banyak pertanyaan yang meluncur dari mulut mereka. "Ini bunyi mesinnya kok kenceng ya?" tanya seseorang yang tak lain adalah wakil walikota siang ini, Minggu (8/6).

Mata para penumpang pun tak lelah menelisik segala penjuru bus gandeng yang berkapasitas 160 orang itu. Satu titik yang menjadi pusat perhatian bagi penumpang bus ini, yaitu bagian sambungannya. Cover sambungannya yang berlipat-lipat itu terlihat mencolok di antara badan bus yang lain. Cover itu berwarna abu-abu muda dan dapat meregang ataupun mengerut mengikuti gerakan bus.

Selain itu, ada tiga pintu pada bus ini. Pintu samping kanan, tengah dan samping kiri. Dua pintu samping digunakan untuk pintu masuk, sedangkan pintu tengah untuk mengeluarkan penumpang. Pada operasi perdananya, petugas sempat kebingungan untuk mengeluarkan dan menaikkan penumpang.

Adapun hari Minggu ini Fauzi Bowo meresmikan sepuluh bus gandeng TransJakarta. Sepuluh bus ini merupakan bus pertama dari 30 bus gandeng yang direncanakan. Sebanyak 13 bus lainnya, saat ini sedang dalam proses produksi dan sisanya akan segera menyusul. (BOB)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com