Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Bantu Perbaiki Tanggul Kanal Banjir Barat

Kompas.com - 17/01/2013, 17:18 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Tentara Nasional Indonesia tiba di lokasi jebolnya tanggul Kanal Banjir Barat di Jalan Latuharhari, Jakarta Pusat. Mereka datang di lokasi dengan seragam lengkap, Kamis (17/1/2013).

Sejenak setelah tiba di lokasi, mereka membantu mengangkat karung berisi koral batu untuk memperkuat sisi tanggul. "Kami diperintahkan membantu penanganan tanggul. Belum tahu sampai kapan, dan apakah perlu mendirikan posko darurat atau tidak," tutur Prajurit Kepala Mulyadi, dari Yonif Mekanis 201 Gandaria, Jakarta.

Mereka datang dengan kekuatan 90 orang. Tidak lama kemudian pasukan TNI dari Yonkav 7 Cijantung tiba dengan kekuatan 100 orang. Mereka meminta warga menjauh dari lokasi jebolnya tanggul. Sebab, di dekat lokasi terdapat papan reklame setinggi 20 meter yang kaki pilarnya sudah tergerus air.

Selain tentara, sejumlah pekerja turut membantu memperbaiki tanggul. Tanggul Kanal Banjir Barat jebol sekitar pukul 08.00. Air mengalir deras ke sebagian kawasan Menteng, lalu ke kawasan Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin.

Di antara mereka yang memperbaiki tanggul terlihat sejumlah pejabat, termasuk Gubernur DKI Joko Widodo. Jokowi bahkan ikut membantu mengangkat karung berisi bebatuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com