Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kian Tinggi, Banjir Petamburan Dipompa

Kompas.com - 18/01/2013, 11:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Banjir di 11 RW di Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, semakin tinggi. Penyedotan pun diusahakan dari rumah pompa yang berada di dekat Rusun Petamburan.

Menurut petugas rumah pompa air di Petamburan, Komara, air sudah bisa disedot karena air di Kali Ciliwung yang berada di seberangnya sudah lebih rendah ketimbang air di perumahan warga. Pompa pun sudah bisa dioperasikan.

"Kalau kemarin karena air di kali lebih tinggi, air tidak bisa dipompa. Kalau sekarang sudah bisa karena tinggi air di kali lebih rendah," kata Komara, Jumat (18/1/2013).

Pompa air di rumah pompa di Petamburan ini masih baru. Saat Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bertandang ke daerah ini beberapa waktu lalu, pompa baru dikirim. Pompa lama yang sudah rusak diganti yang baru dan sudah bisa dioperasikan.

Sementara itu, kondisi rumah-rumah warga di 11 RW di Kelurahan Petamburan, hingga pukul 10.30 WIB, masih terendam air hingga nyaris menyentuh genteng. Saat malam, kondisi gelap gulita. Warga diungsikan ke bangunan SDN 01-04 Petamburan yang letaknya lebih tinggi.

Warga Rusun Petamburan yang terkepung air sudah mulai kesulitan air untuk minum. Warung-warung yang berada di enam blok di rusun tersebut sudah kehabisan stok minuman galon. Bahkan, bahan makanan seperti telor sudah sulit didapat.

"Kemarin sedia dua peti habis, enggak ada sisa. Itu ada pesanan orang. Harganya juga naik," kata Rani, pemilik warung di Blok III Rusun Petamburan.

Selain itu, air PAM byarpet. Namun, jika air PAM sedang mengalir, maka yang keluar kecoklatan sehingga hanya dipakai untuk mencuci. Warga pun hanya bisa berharap banjir segera surut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com