JAKARTA, KOMPAS.com
- Sebanyak 3.876 kicauan dengan nama ”Iwan Fals” digunakan di linimasa Twitter dalam enam jam terakhir. Data tersebut terekam dalam catatan aplikasi Topsy pada Jumat (4/4) sekitar pukul 09.30.

Aplikasi yang sama mencatat, ”Iwan Fals” sudah dipergunakan 12.970 kali pada hari ini. Jumlah itu melonjak tinggi jika dibandingkan sehari sebelumnya dengan penggunaan hanya 1.598 kali.

Penggunaan nama ”Iwan Fals” masih terus meningkat hingga tulisan ini disusun menjelang Jumat siang. Adapun aplikasi Topsy berbasis di San Fransisco, Amerika Serikat, dengan waktu 15 jam lebih lambat dibandingkan Jakarta.

Kunjungan bakal calon presiden RI dari PDI-P, Joko Widodo, ke kediaman musisi Iwan Fals di kawasan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (3/4/2014) malam, menjadi sebab utama lonjakan tersebut. Hal itu seperti dikutip dari portal berita Kompas.com yang memublikasikan berita di bawah judul ”Iwan Fals: Biasa Saja, Bukan Cuma Jokowi yang Datang ke Rumah Saya” pada Jumat pagi.

Berita itu terutama berisikan penegasan Iwan Fals bahwa dirinya tidak berminat terjun ke dunia politik praktis. Ia juga berharap agar momentum itu tidak dimaknai sebagai upaya mencari dukungan politik oleh Jokowi.

Menanggapi kunjungan tersebut, Iwan juga sempat mengunggah cuitan di linimasa Twitter lewat akun @iwanfals pada Kamis (3/4) malam dengan menulis: ”Wiih Pak Jokowi datang kerumah.”

Sekitar empat jam kemudian, Iwan kembali mengunggah komentar lanjutan yang berbunyi: ”Terimakasih untuk hari ini.”

Pada Jumat pagi, Iwan kembali menuliskan kata-kata: ”Didoakanlah siapa saja yg memimpin nanti Indonesia menjadi lebih baik lagi. Pagiii....”

Sementara Iman Brotoseno dengan akun @imanbr menulis: ”Kalau Iwan Fals benar benar merapat ke Jokowi. Tiba tiba puisi Fadli Zon terasa cupu.”

Erwin Arnada dengan akun @erwinarnada menulis: ”Ada gak capres yg kampanye trus nyanyi lagu iwan fals ’Aku Bukan Pilihan’. Jokowi kali? Katanya beliau habis ketemu Iwan Fals? Eh’.”

”Strategi jokowi ndeketin Slank dan sekarang Iwan Fals ki brilian....” Demikian kata pengguna akun @ratjunn.

Adapun pengguna akun @aayandrag menulis: ”Menantikan banget gue pak jokowi nyanyi bareng iwan fals :).”

Dania Alwi dengan akun @dania_hup mengatakan: ”Hmm..Jokowi berkunjung ke rumah Iwan Fals. He’s smart, he knows very well that Iwan Fals is truly President of Orang Indonesia (Oi).”

Untuk diketahui, Orang Indonesia (Oi) adalah komunitas para penggemar Iwan Fals yang tersebar di sejumlah daerah. (Inki Rinaldi)