Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Furnitur Rotan Sintetis

Kompas.com - 17/12/2008, 15:20 WIB

BANYAK alasan orang menggunakan furnitur berbahan rotan sintetis. Desainnya menarik dan beragam. Selain itu, furnitur rotan sintetis juga praktis. Karena relatif ringan, furnitur mudah dipindah-pindahkan. Praktis pula dalam hal perawatan, cukup dilap dengan kain lembap.

Demikian banyak kelebihan, tentunya membuat orang tertarik menggunakannya. Tidak sulit kok untuk mendapatkan furnitur rotan sintetis. Datang saja ke toko-toko furnitur atau home furnishing, pasti Anda dapat menjumpai furnitur ini.

Meski mudah ditemui, Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih. Jika tidak, bisa-bisa Anda mendapatkan produk berkualitas rendah. Lebih buruk lagi, Anda mendapatkan produk dengan bahan baku mengandung racun.

Cara memilih furnitur rotan sintetis cukup sederhana. Menururt Ir Petrus Darwis, pemilik dan desainer furnitur rotan sintetis, Puriartha, jika ingin membeli furnitur, lihat bagian bawahnya.

"Biasanya di bagian bawah bisa dilihat kualitas pengerjaannya. Kalau bagian bawahnya tidak rapi, bisa dipastikan kualitasnya tidak baik," ujar Petrus.

Perhatikan juga sambungan-sambungan anyaman pada kerangka. Teknik sambungannya harus diikat satu per satu. Banyak sambungan pada furnitur rotan sintetis yang menggunakan staples atau jepretan kertas. Sambungan semacam ini tidak akan mampu menahan beban sehingga jalinan mudah lepas dan furnitur pun cepat rusak.

Terakhir, pilih rotan sintetis yang tidak beracun. Ada dua jenis bahan plastik yang digunakan untuk membuat rotan sintetis. Polyethilene dan Polyvinyl Chloride (PVC). Bahan polyethilene adalah bahan yang tidak mengandung racun. Lain halnya dengan plastik PVC. Jika PVC terbakar, asapnya sangat berbahaya karena mengandung racun.

Untuk membedakan kedua bahan plastik ini agak sulit. Biasanya furnitur rotan sintetis berbahan PVC dijual dengan harga relatif lebih murah karena memang bahan baku PVC lebih murah dibandingkan polyethilene. Cara yang dipandang paling aman adalah membeli furnitur dari produsen yang terpercaya sehingga kualitasnya pun terjamin.

Bagaimana? Siap berbelanja furnitur rotan sintetis? Selamat berbelanja!/*

 

Anissa

Properti: Puriartha, Kemang Raya, Jakarta Selatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com