Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teror Bom, Gedung Vital Jatim Disisir

Kompas.com - 17/07/2009, 21:59 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Pascaledakan bom di Hotel JW Marriot dan Ritz Carlton, di Kawasan Mega Kuningan, Jakarta, aparat Kepolisian Daerah Jawa Timur dan Kepolisian Wilayah Kota Besar Surabaya melakukan antisipasi dengan menyisir beberapa obyek vital di Surabaya. Penyisiran antara lain dilakukan di Gedung DPRD Jawa Timur, Bank Indonesia Surabaya, dan Gedung Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Penyisiran pertama dilakukan Gedung DPRD Jatim, Jalan Indrapura, Surabaya Jumat (17/7) sekitar pukul 11.30. Sebanyak enam anggota Tim Gegana Brimob Polda Jatim melakukan penyisiran menggunakan metal detector di ruang sidang paripurna, kantor fraksi, dan segala penjuru gedung DPRD Jatim. Selanjutnya, penyisiran dilanjutkan di Gedung Bank Indonesia Surabaya, dan terakhir di Gedung Pemprov Jatim.

Kepala Bagian Operasi Polres Surabaya Utara Komisaris Polisi Agus Sukamto mengatakan, penyisiran beberapa gedung vital di Jatim bertujuan mengantisipasi ancaman bom menyusul kasus meledaknya bom di Jakarta. "Enam anggota Gegana kami terjunkan kh usus untuk tiga gedung di wilayah Polres Surabaya Utara. Penyisiran serupa juga dilakukan di wilayah Polres lain," tuturnya.

Menurut Agus, antisipasi teror bom juga dilakukan dengan memasang pintu metal ditector di Pemprov Jatim yang selama ini fasilitasnya ada tetapi tak dipasang.

Meski demikian, Polres Surabaya utara tak menambah personil Kepolisian untuk mengamankan ketiga gedung vital tersebut. Selain menjaga gedung vital, pengamanan dilakukan pula dengan patroli secara mobile.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf mengatakan, Pemprov Jatim berkoordinasi dengan seluruh k abupaten/kota untuk mengetatkan keamanan dan kesiagaan di sejumlah tempat vital di Jatim. "Kami telah rapat dengan Komunitas Intelejen Daerah untuk melakukan deteksi dini dan antisipasi ancaman terorisme. Kami berharap Polisi segera menemukan pelakunya agar kondisi Indonesia semakin aman," ujarnya.

Sebelumnya, mulai pagi hari sekitar pukul 10.00, Polisi juga penyisiran di Hotel JW Marriot Surabaya. Tak seperti biasanya, hotel berbintang lima tersebut kini dijaga ketat puluhan petugas keamanan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com