Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TMII Gelar Kirab Agung 1 Muharam

Kompas.com - 17/12/2009, 16:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengelola dan Pengembangan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kamis (17/12/2009) sibuk mempersiapkan acara kirab dalam rangka peringatan Tahun Baru 1 Muharam. Panitia saat ini tengah mengecek segala persiapan yang akan digunakan dalam acara kirab nanti. Acara dimulai pukul 16.00 WIB bertempat di Plaza Tugu Api Pancasila dan Sasono Utomo.

Dalam acara ini direncanakan akan hadir Mendagri Gamawan Fauzi, Dirjen Nilai Budaya, Seni dan Film Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Cecep Suparman, serta Direktur Utama TMII Sugiono.

Nantinya dalam acara ini akan dilakukan penyerahan Pusaka Majapahit dan Songsong Agung dari Direktur Utama TMII kepada Senopati Kirab Suro, kemudian dilanjutkan pemberangkatan Pasukan Kirab Suro oleh Subamanggala.

Kirab Pusaka dan tumpeng kemudian akan dibawa mengelilingi Arsipel menuju Sasono Utomo. Sesampainya di Sasono Utomo dilanjutkan dengan Tarian Sakral Kutai Kartanegara, dilanjutkan dengan doa lintas agama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME, juga pemotongan tumpeng oleh Direktur Utama TMII kemudian diserahkan kepada Mendagri Gamawan Fauzi dan Dirjen Nilai Budaya Seni dan Film Depbudpar Cecep Suparman. Selanjutnya acara ditutup dengan "hujan berkah" Tumpeng Baskara Nusantara dan Candra Nusantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com