Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membayangkan BKT Jadi Kawasan Wisata Kota

Kompas.com - 04/03/2010, 13:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski proses pembangunannya sempat menuai kontroversi dari masyarakat sekitar, area Kanal Banjir Timur atau yang lebih sering disebut Banjir Kanal Timur (BKT) tampaknya justru bakal menjadi kawasan yang menyenangkan bagi masyarakat, terutama yang berada di wilayah Jakarta Timur.

Jika proses pembangunannya selesai secara keseluruhan, nanti di area BKT akan ada kanal sepanjang 23 km yang tembus hingga ke Laut Jawa. Lalu, rencananya, di sekeliling area BKT juga akan dibangun taman dan jalur inspeksi sepeda.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua Balai Besar Wilayah Ciliwung Cisadane Pitoyo Subandrio. ”Setelah kanal tembus ke laut, proyek pengerjaan BKT akan dilanjutkan dengan pembangunan dan penataan taman serta jalur inspeksi sepeda di sekitar area kanal,” ungkap Pitoyo saat dihubungi di Jakarta, Kamis (4/3/2010).

Dengan adanya taman dan jalur inspeksi sepeda di sekitar area BKT, tak mustahil kawasan ini kelak dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata alternatif bagi warga Jakarta, khususnya yang berada di sekitar kanal tersebut.

Saat ini, proyek pengerjaan taman dan jalur inspeksi sepeda di sekitar area BKT mulai dilakukan. Beberapa ruas jalan di tepian kanal yang tadinya masih berupa tanah saat ini telah diganti aspal dan diperhalus meski belum selesai permanen.

Yang menarik, diakui para buruh pekerja BKT, meski proses pengerjaan jalan untuk jalur inspeksi sepeda tersebut belum selesai, masyarakat yang tinggal di sekitar area BKT sudah sering kali menggunakan kawasan tersebut sebagai ”arena” wisata.

”Tiap pagi jalan-jalan yang udah bagus itu udah banyak dipakai warga buat olahraga pagi, lari pagi, main sepeda, buat orang tua sama anak-anak pada main. Apalagi kalau hari Minggu pagi, ramai banget,” ujar Dayat, salah seorang pekerja BKT.

Di samping taman dan jalur inspeksi sepeda yang masih dalam proses pengerjaan, di area BKT juga sudah terlihat beberapa jembatan penghubung kawasan permukiman warga dengan jalan raya serta pintu air yang telah lebih dulu selesai dibangun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com