Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HKBP: Lindungi Hak Beribadah

Kompas.com - 15/08/2010, 14:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jemaat Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Pondok Timur, Bekasi, meminta ketegasan pemerintah dalam menjamin hak warga untuk memeluk agama dan menjalankan ibadah sesuai keyakinannya masing-masing.

Siang ini, Minggu (15/8/2010), jemaat HKBP akan menggelar aksi dan ibadah bersama sejumlah elemen lintas agama di depan Istana Merdeka, Jakarta, guna menyampaikan sikap tersebut.

"Bahwa ada hak-hak konstitusional bagi setiap warga negara untuk menjalankan ibadah sesuai keyakinannya. Pemerintah harus menjamin itu," kata Saor Siagian selaku advokat jemaat HKBP kepada Kompas.com, di Pondok Timur, Bekasi, sebelum berangkat menuju Istana Merdeka, Jakarta.

Tindakan kekerasan dan intimidasi yang dialami jemaat HKBP Bekasi oleh sekelompok warga dan ormas belakangan ini, kata Saor, membuktikan negara belum mampu memberikan jaminan beragama kepada warganya.

Dia berharap pemerintah mampu menunjukan ketegasan dan keadilan dengan menindak siapa saja yang menjadi pelaku kekerasan terhadap umat beragama. "Pemerintah harus betul-betul segera menangkap dan memproses hukum pemukulan dan perlakuan kekerasan," tegasnya.

Saor mengungkapkan, jemaat HKBP mendapatkan perlakuan yang tidak sepantasnya atas ketidaksetujuan pihak-pihak dari kelompok tertentu atas ibadah yang mereka lakukan. Tindak kekerasan yang terjadi merupakan akumulasi dari pembiaran pemerintah terhadap aksi main hakim sendiri yang dilakukan oleh massa dari kelompok tertentu. "Ada banyak kekerasan dan intimidasi sampai pelecehan seksual yang dengan sengaja menyentuh dada perempuan. Kami minta pemerintah tegas," kata dia. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com