Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komnas PA Ingatkan Band-band Asing

Kompas.com - 07/10/2010, 03:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Nasional Perlindungan Anak menyurati sejumlah band asing yang akan tampil di ajang Java Rockin'land 2010 di Jakarta agar tidak menerapkan standar ganda di Indonesia.

Band-band tersebut, antara lain The Vines, Wolfmother, Smashing Pumkins, Mutemath, dan Dashboard Confessional.

"Di negara asalnya, mereka patuh dengan peraturan yang melarang industri rokok mensponsori berbagai kegiatan, termasuk konser musik," ujar Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait dalam siaran persnya, Rabu (6/10/2010).

Menurut Sekretaris Jenderal Komnas PA Samsul Ridwan, dengan menarik sponsor rokok dari acara konser musik, nantinya pemanfaatan kepopuleran dan citra grup band oleh industri rokok dalam mempromosikan produknya melalui Java Rockin'land 2010 dapat dihindari.

Selain itu, akan menjadi preseden baik bagi artis Indonesia yang selama ini sering bergantung pada industri rokok. "Yang terpenting, akan menjadi role model [panutan] yang nyata bagi penggemar mereka yang kebanyakan remaja sembari memberikan pesan bahwa rokok itu berbahaya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com