Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khawatir Fitri Korban Pencucian Otak

Kompas.com - 18/04/2011, 09:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sapto Hartoyo, ayah Melinda Fitriana alias Fitri (24), khawatir anaknya bernasib sama dengan Lian Febriani, korban pencucian otak beberapa waktu lalu. Fitri adalah mahasiswi pascasarjana Jurusan Ilmu Pangan Institut Pertanian Bogor. Dia dilaporkan hilang di Bogor sejak Jumat (15/7/2011).

Adapun Lian sempat dinyatakan hilang pada Kamis (7/4/2011) dan ditemukan di Masjid Ata'awwun Puncak, Bogor, pada Sabtu (9/4/2011). Saat ditemukan Lian menggunakan cadar dan mengaku bernama Maryam. Ia terlihat linglung dan diduga menjadi korban pencucian otak.

"Kami takut, dia menjadi korban pencucian otak kayak Lian beberapa waktu lalu itu. Tetapi mudah-mudahan masih sehat anak saya," ujar Sapto ketika ditemui Kompas.com di rumahnya, Villa Bintaro Residence, Tangerang, Minggu (17/4/2011) malam.

Sapto mengatakan, dalam beberapa minggu ini Fitri ternyata sering tidak menghadiri kelas kuliahnya. Informasi tersebut didapatnya dari teman-teman kuliah Fitri di IPB.

"Saya juga baru tahu, kalau dia (Fitri) ternyata akhir-akhir ini sering tidak masuk beberapa kuliahnya," katanya.

Menurut Sapto, tingkah laku Fitri akhir-akhir ini tidak berubah. Sifat Fitri memang pendiam semenjak kakaknya meninggal dunia pada 2004. "Kami enggak tahu apakah dia menyembunyikan sesuatu atau tidak. Tetapi akhir-akhir ini sikapnya biasa-biasa saja. Dia memang menjadi pendiam semenjak kakaknya meninggal," ujar Sapto.

Sapto melaporkan hilangnya Fitri ke Polres Bogor di Cibinong pada Sabtu (16/4/2011) sekitar pukul 01.30. Menurut Sapto, upaya pencarian telah mereka lakukan, baik dengan menghubungi pihak keluarga maupun menanyakannya kepada teman-teman dekat Fitri. Namun hingga saat ini, Fitri tetap tidak diketahui jejaknya.

Fitri merupakan anak kedua dari pasangan Sapto Hartoyo (54) dan Sri Andiani (53). Sebelum kuliah di pascasarjana IPB, Fitri terlebih dulu lulus dari Swiss-German University di BSD pada 2009. Selama kuliah di IPB, Fitri tinggal di Wisma Fio, Jalan Dramaga No 47 A, Dramaga, Kabupaten Bogor.

Ciri fisik Fitri, tinggi badan sekitar 165 cm. Wanita lulusan SMA Regina Pacis Bogor ini memiliki kulit kuning langsat dan rambut lurus sebahu. Sapto berharap jika ada yang berjumpa dengan Fitri dapat memberinya kabar di nomor telepon 0811950793 (Sapto Hartoyo), 0811243601 (Adit), 0811106318 (Hepta), 081325855218 (Bayu Krisna) atau ke polisi terdekat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com