Malioboro Tetap Jadi Incaran Wisatawan

Kompas.com - 29/04/2011, 22:05 WIB
EditorI Made Asdhiana

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta, Widi Utaminingsih mengatakan kawasan Jalan Malioboro sampai sekarang masih menjadi tujuan utama wisatawan yang datang ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Kawasan Malioboro selain sebagai pusat belanja, juga masih menyimpan bangunan cagar budaya diantaranya Kepatihan kompleks perkantoran Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Museum Benteng Vredeburg, dan Istana Negara Gedung Agung," katanya di Yogyakarta, Jumat (29/4/2011).

Menurut Widi, kawasan Malioboro tetap menjadi tujuan utama kunjungan wisatawan khususnya dari luar daerah, dan akan selalu ramai saat libur akhir pekan maupun libur sekolah dan libur hari besar agama.

"Bagi para wisatawan, belum lengkap rasanya datang ke Yogyakarta jika belum menginjakkan kaki di Malioboro," kata Widi yang yayasannya bergerak di bidang studi pengembangan budaya dan pariwisata berbasis potensi lokal.

Widi menjelaskan, daya tarik Malioboro selain berada di tengah kota, sarana transportasi menuju ke kawasan itu mudah didapat dari segala penjuru kota. "Bagi wisatawan tidak perlu khawatir jika berkunjung ke Malioboro, karena di kawasan itu tersedia informasi Tourism Information Center (TIC), sehingga wisatawan bisa memperoleh informasi dengan jelas mengenai objek wisata di daerah ini," katanya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Pedagang Malioboro, Suryadi mengatakan kawasan Malioboro masih menjadi tujuan utama wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. "Malioboro memang sudah melegenda, tinggal para pedagang dan pelaku jasa pariwisata di kawasan ini selalu memberikan pelayanan yang baik, sopan dan bersih kepada wisatawan," katanya.

Untuk meningkatkan citra positif Malioboro, lanjut Suryadi, perlu kesadaran dari berbagai pihak terkait termasuk dalam menjaga kawasan ini. Suryadi menambahkan, tidak hanya kebersihan dan kenyamanan, tetapi juga keamanan, dan sadar wisata juga harus ditingkatkan. "Malioboro merupakan aset wisata yang harus dijaga dan pelihara sebaik-baiknya," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X