Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Fisik JORR W2 Dimulai

Kompas.com - 20/07/2011, 04:14 WIB

Jakarta, Kompas - Pembangunan fisik Jakarta Outer Ring Road West 2 sudah mulai dilakukan di Meruya, Jakarta Barat.

Tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2) ini akan menghubungkan ruas tol di TB Simatupang dan Tol Jakarta-Merak. Tol baru ini membentang sepanjang 7,6 kilometer melewati Ulujami, Petukangan Selatan, Petukangan Utara, Joglo, Meruya Selatan, dan Meruya Utara.

”Di Meruya sudah mulai dilakukan pembangunan fisiknya. Kalau di Jakarta Selatan, masih harus menyelesaikan pembebasan tanah dulu,” kata Ketua Tim Pengadaan Tanah Kementerian Pekerjaan Umum Ambardy Effendy, Selasa (19/7).

Pada Selasa kemarin, di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, dibayarkan uang ganti rugi pembebasan 55 bidang tanah. Namun, sampai pertengahan Juli ini masih ada 95 bidang tanah yang belum terbebaskan.

Menurut Ambardy, 95 bidang tanah itu di Kelurahan Petukangan Selatan dan Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan.

”Pengerjaan fisik tidak akan tertahan oleh masalah pembebasan lahan. Saat ini, kami sedang mendorong percepatan pembebasan lahan. Upaya terakhir adalah dilakukannya konsinyasi,” ujarnya.

Terkait putusan pengadilan tata usaha negara yang mengabulkan gugatan warga Petukangan Selatan, yang tanahnya terkena proyek JORR W2, Ambardy mengatakan, pembayaran bagi warga yang tidak mengajukan gugatan tetap berjalan. Hanya sekitar 50 bidang tanah yang diajukan ke PTUN. Ia berharap saat proyek fisik dilakukan di kawasan Petukangan, masalah tanah itu sudah bisa terselesaikan.

Sebelumnya, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum Waskito Pandu menyampaikan, pihaknya mengikuti aturan main yang ada untuk pembebasan lahan JORR W2 dan JORR E2 (East 2). (NEL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com