Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabu, Perangkat E-KTP Siap Beroperasi

Kompas.com - 01/08/2011, 17:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Dalam Negeri menjanjikan, Rabu (3/8/2011) nanti perangkat alat e-KTP akan sampai di semua kabupaten atau kota di seluruh Indonesia. Hal ini disampaikan Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Reydonnizar Moenek ketika dihubungi wartawan, Senin.

"Mudah-mudahan alat bisa tiba lebih cepat sehingga Rabu nanti sudah efektif pelayanan e-KTP di seluruh Indonesia. Saya menjanjikan pelayanan e-KTP dapat berjalan efektif awal Agustus ini. Kalau terjadi penundaan, paling maksimal hanya dua hari," kata Rey.

Ia pun mengungkapkan, penundaan pelayanan pembuatan e-KTP ini dikarenakan dua alat yang merupakan satu set perangkat untuk memproses e-KTP belum sampai ke sebagian besar kabupaten atau kota di Indonesia. Dua alat tersebut adalah pemindai sidik jari dan pemindai mata. Kedua alat tersebut dikirim langsung dari Amerika Serikat dan sampai di Indonesia pada hari Sabtu lalu.

Awal bulan ini, alat-alat tersebut baru akan didistribusikan sehingga Selasa dapat dilakukan pengaturan atau setting up pembuatan e-KTP dan sehari sesudahnya pegawai kelurahan bisa melayani masyarakat.

Meski demikian, Kemdagri yakin pelayanan e-KTP dapat berjalan lancar di 197 kabupaten/kota hingga akhir November mendatang. Oleh karena itu, Kemdagri melakukan bimbingan teknis terhadap 4.320 operator tingkat provinsi pada Kamis (28/7/2011) hingga Minggu (31/7/2011).

Bimbingan ini dilakukan untuk membuat para operator terbiasa dengan peralatan pembuatan e-KTP ini. Setelah uji coba berhasil, baru akan dilakukan pemanggilan warga datang ke kelurahan untuk dibuatkan e-KTP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com