Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua KRI Bantu Angkut Penumpang Mudik

Kompas.com - 24/08/2011, 15:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua kapal milik TNI Angkatan Laut akan dioperasikan untuk membantu transportasi Lebaran. Kedua kapal tersebut akan mengangkut penumpang dari dua pelabuhan berbeda.

"Sudah fix (pasti) ada dua kapal bantuan dari TNI AL," ungkap Sulkifli Ketua Pos Perhubungan Laut, kepada Kompas.com di Pos Koordinasi Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2011 , Jalan Medan Merdeka Barat No.8, Jakarta, Rabu (24/8/2011).

Kedua kapal tersebut adalah KRI Banjarmasin dan KRI Teluk Sampit. KRI Banjarmasin akan berangkat dari KADE 108 (Terminal PNP) Pelabuhan Tanjung Priok pada pukul 11.00 WIB, Sabtu (27/8/2011) dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Kapal diperkirakan akan tiba pada Minggu (28/8/2011) pukul 10.00 WIB. "Kapal ini yang akan mengangkut sepeda motor gratis," kata Sulkifli.

KRI Banjarmasin adalah kapal bertipe Landing Platform Dock (LPD) dengan kapasitas angkut 1.000 sepeda motor dan 2.000 penumpang.

Data tanggal 23 Agustus menunjukkan jumlah penumpang dan kendaraan yang tercatat baru sebanyak 249 orang dan 138 sepeda motor. Penjualan tiket ditangani PT Pelni dengan tempat pendaftaran di Kantor Operasional Tanjung Priok.

"Ini transportasi yang murah dan cepat (kurang dari 24 jam)," kata Sulkifli. Karena itu, ia mengharapkan para pemudik jurusan Jakarta - Semarang dapat memanfaatkan jasa ini.

Tempat reservasi tiket gratis disediakan di semua agen perjalanan Pelni di Jabodetabek,di Kantor Pusat Pelni Jl. Gajah Mada No. 14 Jakarta Pusat, serta di pusat penjualan tiket PT Pelni Kemayoran.Peminat disyaratkan membawa serta copy KTP (untuk penumpang) dan copy STNK (untuk kendaraan).Pendaftaran akan ditutup pada Jumat, 26 Agustus pukul 12.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut, calon penumpang dapat menghubungu Hotman Sijabat dengan nomor ponsel 08128314850.

Sementara KRI Teluk Sampit akan berangkat dari pelabuhan Banjarmasin menuju Tanjung Perak, Surabaya. Kapal perang bertipe Landing Ship Tank (LST) dengan daya angkut 600 orang ini akan bertolak dari Banjarmasin antara H-4 - H-1, tergantung jumlah penumpang.

Perjalanan diperkirakan memakan waktu dua hari untuk tiba di Surabaya. Harga tiket Rp 100.000 yang dapat dipesan melalui kantor Pelni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com