Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Krukut Dilebarkan

Kompas.com - 21/12/2011, 02:45 WIB

Jakarta, Kompas - Warga Kampung Pulo, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, berlega hati. Mulai hari Rabu (21/12) ini, aliran Kali Krukut di kawasan tersebut dinormalisasi. Meski gorong-gorong penghambat aliran urung dibongkar, badan sungai direncanakan diperlebar dua meter.

”Ini sangat melegakan. Ini sesuai permintaan kami, yaitu sungai dinormalisasi,” kata Ketua RT 11 RW 3 Kampung Pulo Sugiyono, Selasa (20/12).

Kampung Pulo mulai direndam banjir sejak Maret 2011 setelah sebagian badan kali di kawasan tersebut diuruk dan dibangun gorong-gorong.

Apabila biasanya banjir menggenangi kampung hanya dalam hitungan satu-dua jam, sejak Maret hingga Desember ini banjir bisa bertahan hingga berhari-hari.

Warga Kampung Pulo sudah mengadukan nasibnya dengan berturut-turut mendatangi DPRD DKI Jakarta, DPR, hingga Komisi Nasional Hak Asasi Manusia.

Komnas HAM memberikan jawaban yang menenteramkan warga dengan segera mengundang Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dan penguasa tanah di seberang permukiman warga yang dituding menguruk kali sehingga aliran sungai meluap ke rumah warga.

Komisioner Komnas HAM Syafruddin Ngulma Simeulue mengatakan, dalam pertemuan antara Komnas HAM dan Pemprov DKI pada 2 Desember lalu, diperoleh kesepakatan ada solusi jangka pendek dan jangka panjang.

Solusi jangka pendek adalah pendalaman sungai atau menjadikan sungai di Kampung Pulo seperti sebelum adanya pembangunan gorong-gorong pada awal tahun 2011 ini.

”Solusi jangka pendek seharusnya dilakukan mulai 3 Desember lalu. Sementara, untuk solusi jangka panjang, Pemprov DKI akan membuat waduk sebagai tempat parkir air,” tutur Syafruddin.

Akan tetapi, pendalaman sungai tak kunjung dilakukan. Warga Kampung Pulo sempat geram dan ramai-ramai mendatangi Balaikota Kantor Gubernur DKI Jakarta pada 14 Desember lalu. Akhirnya, diperoleh kesepakatan untuk melaksanakan proyek pendalaman Kali Krukut pada pekan ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com