Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Nama Alex Noerdin sebagai Kandidat DKI-1

Kompas.com - 27/01/2012, 12:19 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Januari hampir berakhir, tapi Partai Golongan Karya belum juga memunculkan nama bakal calon Gubernur DKI Jakarta yang akan diusung dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2012 mendatang. Di tengah penantian keputusan, muncul lagi nama baru dari Partai Golkar yaitu Alex Noerdin yang saat ini merupakan Gubernur Sumatera Selatan.

Pengamat politik Universitas Indonesia, Rico Marbun, langkah memajukan Alex Noerdin merupakan langkah yang terkesan sangat dipaksakan. Mengingat saat ini, Alex masih menjabat sebagai kepala daerah di Sumatera Selatan.

"Alex masih jadi gubernur hingga 2013 dan masih punya kesempatan satu periode lagi untuk menjadi Gubernur Sumatera Selatan," kata Rico, di Jakarta, Jumat (27/1/2012).

Selain itu, waktu pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta hanya tersisa satu setengah bulan lagi. Hal itu juga merupakan risiko yang harus diperhitungkan oleh partai berlambang pohon beringin ini. Menurut dia, nama Alex saat ini tidak cukup terkenal di Jakarta dan tidak cukup waktu untuk menyosialisasikan Alex kepada masyarakat Jakarta.

Kemudian di dalam survei-survei yang dilakukan oleh berbagai lembaga, nama Alex tidak pernah muncul. "Jelas, kalau memang diarahkan kepada Alex, saya kira unsur gamblingnya sangat tinggi," tandas Rico.s

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com