Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Punya Bukti Kuat John Kei Terlibat

Kompas.com - 21/02/2012, 03:54 WIB

Jakarta, Kompas - Polisi sudah memiliki bukti cukup yang menunjukkan John Refra alias John Kei terlibat pembunuhan Direktur Power Stell Mandiri Tan Harry Tantono (45) alias Ayung. Meski demikian, polisi masih memburu 10 pria yang diduga juga terlibat.

Demikian disampaikan Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Toni Harmanto di ruang kerjanya, Senin (20/2). Menurut dia, kelompok John Kei terlibat 12 kasus, termasuk kasus pembunuhan Ayung.

”Kami sudah mendapat persesuaian antara bukti forensik jenazah korban dan rekaman CCTV (closed-circuit television) serta pengakuan sejumlah saksi yang menunjukkan John Kei ada di tempat kejadian perkara. Saat keluar, ia dan teman-temannya meninggalkan korban sudah tewas dengan 32 luka yang 7 di antaranya adalah luka tusuk dan luka gorokan,” ungkap Toni.

Kesepuluh pria yang kini masih dikejar, tambah Kepala Subdit Umum Direskrimum Polda Metro Ajun Komisaris Besar Helmy Santika, juga terekam dalam CCTV. Dalam rekaman tampak 16 pria termasuk ke-10 pria itu.

Terlibat 12 kasus

Polisi juga baru saja menemukan barang bukti lain yang diduga bernoda darah. Kini, barang bukti yang diduga milik John Kei tersebut masih diperiksa di laboratorium forensik. Penemuan barang bukti baru ini membuat polisi makin optimistis bisa menjerat John Kei dengan pasal pembunuhan berencana.

Sebelumnya, pengacara John Kei, Taufik Chandra, membantah tuduhan polisi bahwa kliennya terlibat pembunuhan Ayung. Ayung tewas dibunuh di kamar nomor 2701 Hotel Swiss Belhotel, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (26/1).

Pada bagian lain, Toni menambahkan, polisi menyita sejumlah catatan tentang Angkatan Muda Kei yang dipimpin John Kei. ”Mereka terlibat 12 kasus, termasuk kasus pembunuhan Ayung. Kami masih mendalami keterlibatan John Kei dalam seluruh kasus ini,” tutur Toni. Ke-12 kasus, tiga di antaranya terjadi di tahun 2010.

John Kei ditangkap pada Jumat (17/2) malam di Hotel C’One, Pulomas, Jakarta Timur. John ditangkap bersama artis tahun 1980-an bernama Alba Fuad yang sedang mengonsumsi sabu. Saat ditangkap, polisi menembak kaki kanan John Kei.

Istri mengadu

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com