Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taufiq Kiemas Usul Foke-Adang Ruchiatna

Kompas.com - 14/03/2012, 14:29 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Politisi senior PDI-P Taufiq Kiemas berharap agar PDI-P mengusung Fauzi Bowo alias Foke sebagai calon gubernur DKI Jakarta dan Adang Ruchiatna, politisi PDI-P sebagai calon wakil gubernur.

”Kalau cerdas, PDI-P dorong Foke, wakil Adang Ruchiatna,” kata Taufiq di Kompleks DPR, Jakarta, Rabu (14/3/2012).

Taufiq menilai Adang yang kini menjadi Kapoksi F-PDIP di Komisi VIII memiliki kemampuan memimpin Jakarta. ”Adang lama di Jakarta, banyak pengalaman juga,” kata dia.

Sekretaris Jenderal PDI-P Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya masih terus berkomunikasi dengan partai lain untuk mengusung cagub dan cawagub DKI Jakarta. Saat ini, kata dia, ada dua opsi yang tengah dibahas, yakni Foke sebagai cagub dan cawagub dari kader PDI-P atau cagub dari PDI-P dan cawagub dari partai lain.

Seperti diketahui, kader PDI-P yang diproyeksikan untuk maju sebagai cagub DKI Jakarta, yakni Joko Widodo yang kini menjabat Wali Kota Surakarta. ”Kalau Foke enggak mau, ya kami punya opsi lain. Soal wakil, ya kami bisa lihat dengan Gerindra atau yang lain,” ucap Tjahjo.

Melihat kinerja Foke lima tahun terakhir, apakah PDI-P masih menilai positif Foke? ”Foke kan sejak lima tahun yang lalu kami dukung, lepas dia punya plus dan minusnya,” jawab Tjahjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com