Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabung Gas Meledak, Dua Orang Tewas

Kompas.com - 17/03/2012, 04:02 WIB

Temanggung, Kompas - Tabung gas isi 12 kilogram meledak di rumah Hadi Rusmin (63), penduduk Desa Coyudan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (16/3). Selain menewaskan dua orang dan mencederai delapan lainnya, ledakan itu juga memorakporandakan tiga rumah.

Dua orang yang tewas itu adalah istri Asdullah, Sudarti (60), dan Esti Virya Kholilah (5), cucu dari Hadi Rusmin.

Dua rumah yang roboh adalah milik Asdullah (60) dan Supardi (35), yang merupakan bangunan rumah semipermanen. Sementara separuh bagian rumah milik Hadi Rusmin yang merupakan bangunan bertingkat runtuh. Demi alasan keamanan bagi lingkungan sekitarnya, rumah tersebut akhirnya dirobohkan.

Tiga rumah ini letaknya berdekatan dengan rumah Asdullah yang posisinya di tengah-tengah.

Adapun delapan orang yang luka-luka sempat dirawat di Rumah Sakit Kristen (RSK) Ngesti Waluyo di Kecamatan Parakan. Namun, pada Jumat siang lima di antaranya sudah pulang dan tinggal menjalani rawat jalan.

Seorang warga yang mengalami luka bakar bernama Wartini (60). Seluruh korban luka, termasuk yang meninggal, akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

Menurut Direktur RSK Ngesti Waluyo Parakan dr Lilik Setyawan, dengan kondisi badannya yang dipenuhi jaringan terbuka akibat luka bakar, Wartini ditempatkan di ruangan isolasi untuk menghindari risiko terjangkit berbagai infeksi.

Menurut Sabaniyah (35), anak dari Hadi Rusmin, salah satu korban ledakan tabung gas, mengatakan bahwa ledakan tabung gas tersebut bermula ketika ibunya, Wartini, sedang memasak jamu pada pukul 01.30. Wartini adalah penjual jamu gendong di pasar desa terdekat.

”Saat menyalakan kompor, api tidak keluar. Setelah menyalakan kompor untuk kedua kalinya, tabung gas langsung meledak,” ujar wanita yang tengah hamil enam bulan ini.

Menurut sejumlah penduduk setempat, suara ledakan tersebut sangat keras seperti ledakan bom, dan diikuti suara gemuruh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com