Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hendardji Janji Bangun Waduk Di Jakarta

Kompas.com - 04/04/2012, 14:11 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurangnya daerah resapan air merupakan salah satu penyebab banjir yang kerap melanda ibukota Jakarta. Hal tersebut juga merupakan dampak pembangunan yang dilakukan secara sporadis tanpa memperhitungkan tata ruang yang benar.

Hendardji Soepandji, salah satu bakal calon gubernur DKI Jakarta dari jalur independen pun mengungkapkan, jika terpilih menjadi pemimpin Jakarta nanti, ia akan membangun tata ruang yang tepat sesuai dengan karakteristik daerah-daerah di Jakarta.

"Program penanganan banjir yang akan saya lakukan adalah menjadikan kawasan Utara Jakarta sebagai water front city. Saya akan membangun waduk untuk menampung air dari 13 sungai besar yang melintasi Jakarta," tegasnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (4/4/2012).

Hendardji mengungkapkan, waduk yang akan dibuat tentu memiliki multi fungsi selain menampung debit air berlebih, bahkan bisa dijadikan sarana rekreasi bagi warga Jakarta untuk sekedar melepas lelah. "Kalau saya mampu membangun tiga waduk di Jakarta, salah satunya tentu bisa digunakan sebagai sarana pembangkit listrik," lanjutnya.

Mantan Komandan Pusat Polisi Operasi Militer tersebut juga berencana menjadikan kawasan Selatan Jakarta sebagai barrier eco-system atau kawasan yang berfungi sebagai daerah resapan air. "Selatan Jakarta itu harus benar-benar menjadi bagian terpenting terciptanya ruang terbuka hijau 20 persen," tegasnya.

Dengan menerapkan program dengan komitmen dan keseriusan, permasalahan banjir di Jakarta mampu disembuhkan tanpa harus menyalahkan pemerintah pusat dan pemerintah wilayah Bogor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com