Siang Ini Feeder Busway Bekasi Kembali Beroperasi

Kompas.com - 05/04/2012, 10:20 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Feeder atau bus penghubung bus transjakarta Bekasi-Pulo Gadung akan mulai beroperasi kembali hari Kamis (5/4/2012) ini, setelah sempat dihentikan karena penolakan pengemudi angkutan umum reguler di Bekasi.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, mengatakan, Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) tersebut akan mulai beroperasi mulai siang ini. Menurut Udar, telah ada pertemuan antara pihaknya, Ditlantas Polda Metro Jaya, Dishub Bekasi, dan Pemkot Bekasi, yang membahas nasib APTB Bekasi-Pulo Gadung.

"Kemarin saya sudah jelaskan bahwa pelayanan feeder busway Bekasi-Pulo Gadung ini berbeda dibanding angkutan reguler. Feeder busway tidak akan merebut penumpang angkutan reguler," ujar Pristono, Kamis (5/4/2012).

Pristono menuturkan, sasaran pengguna APTB adalah pengguna mobil pribadi dan kendaraan bermotor. Pihaknya menginginkan pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan APTB Bekasi-Pulo Gadung agar mobilitas jumlah kendaraan di kedua kota dapat berkurang dan menekan kemacetan lalu-lintas.

"Jumlah perjalanan dari Bekasi ke Jakarta dan sebaliknya tercatat sebanyak 413 ribu perjalanan. 51 persen menggunakan sepeda motor, 29 persen menggunakan mobil, 16 persen menggunakan angkutan umum, dan tiga persen naik kereta api," kata Pristono.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.