Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswi Hamil, Boleh Ikut Ujian Nasional

Kompas.com - 09/04/2012, 17:05 WIB

SIDOARJO, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo memperbolehkan siswi yang sedang hamil untuk mengikuti ujian nasional (UN) karena hal tersebut merupakan hak dari setiap siswa untuk mendapatkan pendidikan yang layak, termasuk untuk mengikuti UN.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo Agoes Budi Tjahyono, Senin mengatakan, diperbolehkannya siswi yang hamil untuk mengikuti UN ini memang tidak sama dengan apa yang telah dinyatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Harun yang menyatakan kalau siswi hamil tidak boleh ikut UN karena merupakan bentuk kegagalan pendidikan.

"Kalau Pak Harun berkata seperti itu, ya kami persilahkan saja, karena menurut kami tidak ada larangan bagi siswi untuk tidak boleh mengikuti ujian dengan kondisi hamil," katanya usai pelantikan panitian ujian nasional di Kabupaten Sidoarjo, Senin (9/4/2012).

Ia mengemukakan, sudah menjadi hak dari setiap siswa untuk mendapatkan pendidikan hingga jenjang yang lebih tinggi, termasuk mengikuti pelaksanaan ujian nasional yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini.

"Namun demikian, kami belum mendapatkan laporan resmi dari petugas di lapangan apakah ada siswi yang hamil dan mengikuti ujian nasional pada tahun ini," ucapnya.

Ia mengatakan, para siswa tersebut memang diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian nasional, namun untuk hasilnya pihaknya tidak bisa menjamin karena hasil ujian dari setiap siswi berbeda beda.

Dukungan senada juga diberikan oleh Wakil Bupati Sidoarjo, M.G Hadi Sutjipto yang menyatakan kalau sudah menjadi hak siswa untuk mendapatkan kesempatan belajar, termasuk untuk mengikuti ujian nasional.

"Siswi yang sedang hamil itu sama halnya dengan siswa atau siswi yang sedang dalam pengampunan atau berada di dalam penjara, dan berhak untuk mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan ujian nasional," tukasnya.

Menurut dia, pemberian kesempatan kepada para siswa untuk mengikuti ujian nasional tersebut, merupakan hak dan harus diberikan tidak boleh ada larangan dalam bentuk apapun.

"Kami berharap siswa yang mengikuti ujian nasional pada tahun ini bisa bekerja dengan baik dan memberikan hasil terbaik, demi prestasi yang bisa diperoleh Kabupaten Sidoarjo," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com