Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keselamatan Bandara Internasional Soekarno-Hatta Dipantau

Kompas.com - 23/04/2012, 13:25 WIB
Pingkan E Dundu

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com — Selama 10 hari, 23 April sampai 3 Mei 2012, Airports Council International (ACI) akan memantau keamanan dan keselamatan kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pemantauan itu merupakan yang pertama kali dilakukan satu-satunya organisasi bandara di dunia tersebut di Indonesia. "Pemantauan ini dilakukan sebagai tanggung jawab dan keharusan dari kami selaku pengelola bandara untuk melindungi dan meningkatkan keamanan pengguna saja bandara," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Tri Sunoko saat pembukaan Airport Exellence in Safety di Kantor PT AP II, Kota Tangerang, Senin (23/4/2012).

Airport Safety and Operations Manager ACI, John Pottinger, menjelaskan, pihaknya akan melakukan pemantauan, antara lain landasan pacu atau runway, sistem manajemen keamanan dan keselamatan, serta manajemen keamanan dan keselamatan parkir atau apron.

"Keamanan dan keselamatan sangat penting, terutama karena laju pertumbuhan penumpang naik 19 persen setiap tahunnya," kata John.

Direktur Operasional dan Teknis PT Angkasa Pura II Salahudin Rafi mengatakan, kerja sama ini sama-sama bermanfaat bagi kedua pihak. Bagi ACI, yang beranggotakan 580 anggota yang mengoperasikan 1.659 bandara di 179 negara itu, untuk meningkatkan profesionalisme operasional dan pengelola bandara.

Sementara Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang sudah menjadi anggota ACI sejak tahun 1991 ini mendapat masukan yang baik untuk perbaikan keamanan dan keselamatan kawasan bandara. "Hasil dari pemantauan ini akan dijadikan bahan acuan untuk perbaikan keamanan dan keselamatan di bandara," jelas Tri Sunoko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com