Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Verifikasi Faktual Kedua, Dukungan Faisal Dan Hendardji Terkoreksi

Kompas.com - 24/04/2012, 20:40 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Pokja Pencalonan KPU DKI Jakarta, Jamaluddin Hasyim mengungkapkan, setelah lima hari pihaknya melakukan verifikasi dukungan cagub independen, sejumlah dukungan KTP milik pasangan Faisal-Biem dan Hendardji-Riza terkoreksi jumlahnya. Untuk pasangan Faisal-Biem, dari jumlah 381.490 dukungan yang diserahkan kepada KPUD, terdapat 10.164 dukungan yang tak memenuhi syarat. Sementara untuk pasangan Hendardji-Riza, dari 29.698 suara yang diserahkan, sebanyak 92 dukungan dinyatakan tidak memenuhi syarat.

"Kemarin sedikit yang gugur, tadi kami sampaikan dari data tersebut masih kemungkinan ada administrasi yang tersisa atau terluput, KTP ganda, yang TNI atau Polri dan berbeda kelurahan," ujarnya kepada wartawan di Kantor KPUD, Jl. Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat, Selasa(24/4/2012).

Ia melanjutkan, jumlah dukungan yang lolos tersebut akan kembali diverifikasi secara faktual di lapangan mulai 24 April hingga 11 Mei. Dalam verifikasi tahap dua ini, KPUD juga langsung melakukan verifikasi dengan dibantu Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan.

"Prinsipnya yang kita pakai sesuai dengan undang-undang. Waktu kita verifikasi faktual di lapangan, petugas akan mengunjungi warga yang diketahui memberikan dukungan, mengumpulkan pendukung di titik yang telah disepakati, kunjungi secara door to door," lanjutnya.

Sama seperti verifikasi tahap pertama, jika petugas tidak dapat bertemu dengan pendukung, yang bersangkutan akan diberikan surat undangan dengan batas waktu pada tanggal 11 Mei. Namun, jika pada tanggal tersebut yang bersangkutan juga tidak dapat hadir, maka dinyatakan tidak lolos. Untuk itu, kerja sama dengan tim sukses pasangan cagub dari jalur independen sangat diharapkan. Dengan bantuan mereka, petugas PPS dapat mempercepat proses identifikasi alamat rumah yang mendukung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com