Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Layang Antasari-Blok M Akan Diterangi Enam Ratus Lampu

Kompas.com - 18/06/2012, 20:04 WIB
Siti Khoirunisa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Enam ratus penerangan jalan umum (PJU) direncanakan akan menerangi jalan layang non-tol (JLNT) Antasari-Blok M. Proyek jalan yang rencananya selesai Desember 2012 akan dipasangi JPU, baik di sepanjang JLNT maupun di bawah JLNT.

"Sekitar 600 lampu penerang jalan umum akan dipasang setelah jalan layang non-tol selesai dibangun. Mungkin sekitar Desember 2012 nanti lampu PJU sudah selesai dikerjakan," kata Partomuan Simanjutak, Kepala Seksi Pengawasan Pengendalian Penerangan Jalan Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, saat meninjau JLNT, Senin (18/6/2012).

Sebelum dilakukan pemasangan, saat ini, Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta sedang melakukan peninjauan lokasi dan koordinasi dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Jalan dan mitranya, yang melakukan pengerjaan JLNT. Belum diketahui titik-titik pemasangan PJU. Diperkirakan jarak antarlampu sepanjang 20 meter.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Energi, Andi Baso, mengatakan bahwa proses pelelangan pemasangan lampu sudah selesai. Namun, Andi belum tahu pemenangnya. Yang pasti, pemasangan PJU akan segera dilakukan.

Berbeda dari jenis PJU sebelumnya, jenis lampu yang akan digunakan di sepanjang dan bawah JLNT adalah lampu hemat energi jenis Light Emmiting Diode (LED). Kelebihannya, LED mampu menghemat energi sebanyak 50 persen dari lampu JPU sebelumnya. LED juga mampu mengurangi gas rumah kaca sebesar 0,891 dari produksi gas rumah kaca yang tidak menggunakan lampu hemat energi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com