Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posko Pilkada Bukan Sekadar Tempat Bahas Kisruh

Kompas.com - 19/06/2012, 18:49 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintahan Kota Jakarta Selatan hari ini meresmikan Posko Pilkada DKI Jakarta 2012. Posko tersebut diharapkan bukan sekadar menjadi tempat penyelesaian berbagai kisruh Pilkada.

"Semoga kita nanti bertemu di posko ini bukan karena ada masalah atau untuk menyelesaikan masalah. Kan lebih bagus kalau posko ini bisa menjadi tempat silaturahim antartim sukses," kata Ketua KPU Kota Jakarta Selatan, Achmad Fachrudin, dalam sambutannya saat acara deklarasi kampanye damai dan peresmian posko di Kantor Walikota Jaksel, Selasa (19/6/2012).

Achmad berharap, masing-masing tim sukses akan memperhatikan aturan main yang telah ditetapkan penyelenggara, terutama terkait kampanye damai. Sehubungan dengan kampanye pasangan cagub-cawagub, diharapkan memperhatikan ketentuan KPU terkait 24 lokasi terlarang bagi aktivitas kampanye.

"Di Jakarta Selatan, terutama di dua kawasan yang harus bersih dari kegiatan kampanye, termasuk spanduk, umbul-umbul, poster, dan lain-lain, yaitu sepanjang Jalan Rasuna Said, Mampang, dan Jalan Kapten Tendean. Juga Jalan Kalibata dan sekitar Taman Makam Pahlawan," terang Achmad.

Beberapa kawasan yang harus bebas aktivitas kampanye, di antaranya kawasan pasar, terminal, stasiun, sekolah atau tempat pendidikan, dan tempat ibadah.

"Selain yang sudah disebutkan Ketua KPU, saya mau tambahkan lokasi Patung Pemuda, sepanjang Jembatan Semanggi, dan Jalan Gatot Subroto termasuk kawasan yang harus bebas spanduk, umbul-umbul, dan poster kampanye," tambah Walikota Jaksel M. Anas Efendi dalam sambutannya.

Ia juga menambahkan, jalur bebas hambatan termasuk kawasan hijau yang harus bebas dari atribut kampanye. Dengan batasan-batasan yang jelas ini, ia berharap tim sukses tidak akan mempersoalkan bila ada langkah tegas dari petugas Tramtib atau Satpol PP yang melakukan penertiban.

Acara peresmian Posko dan Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2012 itu dihadiri Kapolres, Dandim, Kajari, dan Ketua Panwaslu Jaksel serta perwakilan dari ke-6 pasangan calon. Selain membacakan ikrar, para perwakilan tim sukses pun menandatangani deklarasi kampanye damai. Posko Pilkada sendiri menempati ruangan di sisi kiri lobi lantai satu kantor Walikota Jaksel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com