Predikat Abang None Bukan Sekadar Pajangan!

Kompas.com - 25/06/2012, 18:21 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budhiman, menegaskan bahwa predikat sebagai Abang dan None bukan sekadar pajangan. Mereka harus siap memberikan yang terbaik untuk Tanah Air dan Jakarta.

"Abang None Jakarta bertugas sebagai Duta Pariwisata dan Budaya yang siap mengabdi serta memberikan yang terbaik untuk Tanah Air, bangsa, dan Jakarta. Peran yang perlu terus ditingkatkan adalah aktivitas sosial kemasyarakatan untuk mendukung terwujudnya Jakarta yang aman, nyaman, dan sejahtera untuk semua," ujar Arie, di Balaikota, Senin (25/6/2012).

Menurutnya, para finalis Abang None nantinya akan diberdayakan pada kegiatan protokoler, seremonial, kegiatan sosial, dan mempromosikan di dalam dan luar negeri. "Tidak hanya menjadi duta pariwisata, Abnon Jakarta juga sudah banyak yang menjadi Duta Anti Narkoba atau kami juga bekerjasama dengan Polda Metro Jaya, menjadikan Abnon sebagai Duta Lalu Lintas dan juga melaksanakan kegiatan sosial," tutur Arie.

Arga, juara harapan II Abang Jakarta 2011 menjelaskan tugas Abnon Jakarta. "Tidak hanya tugas protokoler, tapi juga mempromosikan di dalam dan luar negeri. Mempromosikan juga tidak hanya Jakarta, tapi juga tentang Indonesia. Soalnya kalau kami keluar negeri, kebanyakan mereka bertanya tentang Indonesia daripada Jakarta. Jadi, kami tidak bisa menolak menjawab pertanyaan tersebut," ujarnya.

Adapun, sebanyak 18 pasang Abnon siap menuju final yang akan diselenggarakan pada 3 Juli 2012, di Theater Besar Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat. Namun dari ke-18 pasang Abnon hanya dua finalis saja yang merupakan putra Betawi asli.

Ketua Dewan Juri Abang dan None 2012, Rusdi Saleh mengatakan, meski hanya ada dua orang asli keturunan Betawi yang masuk sebagai finalis, membuktikan bahwa kebudayaan Betawi diminati oleh masyarakat lainnya.

"Saya justru gembira karena dengan demikian, kebudayaan Betawi diminati masyarakat lain. Ini proses ke Indonesia," tandasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.